2 Warganya Positif Corona, Walkot Banda Aceh Usul Lockdown ke Plt Gubernur

Agus Setyadi - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 11:48 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Banda Aceh -

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman akan mengusulkan lockdown kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah setelah dua warganya dinyatakan positif Corona (COVID-19). Lockdown ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Gemilang.

"Kita selaku ibu kota provinsi tentu di sini ada Pak Plt Gubernur dan Forkopimda Provinsi, maka Pemko Banda Aceh akan mengusulkan ke Pak Plt untuk kita lockdown," kata Aminullah dalam video conference dengan wartawan, Sabtu (28/3/2020).

Aminullah sudah menggelar rapat terbatas dengan Ketua DPR Kota Banda Aceh Farid Nyak Umar untuk membahas terkait lockdown. Kedua pihak sepakat menutup sementara akses ke Banda Aceh.

Namun lockdown Banda Aceh, jelas Aminullah, harus diikuti juga oleh kabupaten lain. Hal itu karena ibu kota Provinsi Aceh ini berkaitan dengan daerah tetangga, seperti Aceh Besar.

"Usulan ini perlu kita pikir bersama dengan persiapan yang harus dipikirkan oleh Pemprov. Kalau Banda Aceh saja susah juga (me-lockdown-nya)," jelas Aminullah.

Simak juga video Seorang Warga di Kendari Dijemput Petugas Medis APD Lengkap:

Usul lockdown Aceh akan diajukan ke Plt Gubernur Nova secara tertulis. Menurutnya, lockdown sudah diperlukan mengingat kasus positif Corona di Tanah Rencong sudah empat orang.

"Aceh sudah empat yang positif Corona. Jangan sampai nanti tidak terkendali. Kami mengajukan ini ke Pak Plt agar bisa dilaksanakan segera dengan dukungan semua pihak," sebutnya.

"Kita Banda Aceh akan mempersiapkan diri untuk memberlakukan lockdown terutama terkait sembako," beber Aminullah.

(agse/knv)