Cegah Penyebaran Corona, Umat Buddha Dukung Ibadah Tak Digelar di Vihara

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 10:30 WIB
Vihara Bahtera Bhakti (Klenteng Ancol), Jakarta Utara
Vihara Bahtera Bhakti (Kelenteng Ancol), Jakarta Utara. (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Pengurus Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Hong Tjhin menyampaikan umat Buddha akan mengikuti program pemerintah mencegah penyebaran COVID-19. Hong Tjhin mengatakan umat Buddha mendukung kegiatan ibadah tak dilakukan di vihara.

"Umat Buddha Indonesia telah diimbau menghentikan semua kegiatan di rumah ibadah vihara atau menangguhkan di tempat-tempat tersebut. Kami sangat mendukung program pemerintah untuk tidak berkumpul," ujar Tjhin, yang disiarkan di akun YouTube BNPB, Sabtu (28/3/2020).

Selain itu, umat Buddha mendukung kegiatan pemerintah untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak 1-2 meter. Tak hanya itu, umat Buddha juga diminta beribadah di rumah masing-masing dengan didukung teknologi.

"Kita juga rekomendasikan agar kegiatan-kegiatan di tempat ibadah bisa menggunakan di rumah masing-masing dengan menggunakan teknologi. Apabila teknologi tidak tersedia, bisa melakukan ibadah pendalaman dharma dan komunikasi dengan keluarga," sambungnya.

Ia mengajak semua umat Buddha melakukan mawas diri dan menguatkan ikatan dalam keluarga. Dia juga mengingatkan agar masyarakat tetap melakukan pola hidup bersih.

Pemerintah: Social Distancing Itu Penting, Mari Kita Patuhi:

Selanjutnya
Halaman
1 2