Pemko Medan Tutup Jalan Cegah Warga Keluyuran, DPRD Usul Lockdown Lokal

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 07:23 WIB
Suasa lalu lintas di jalanan Kota Lima, Peru, sepi dari hilir mudik kendaraan. Pemerintah setempat terapkan pembatasan aktivitas warga guna cegah virus Corona.
Ilustrasi (Foto: AP Photo)
Medan -

Pemerintah Kota (Pemko) Medan menutup sejumlah ruas jalan demi mencegah warga keluyuran di luar rumah untuk mengurangi potensi penyebaran virus corona. Pimpinan DPRD Medan meminta penutupan itu tak tanggung-tanggung.

"Kita dukung itu terkait penutupan jalan maunya jangan tanggung. Asalkan Pemko Medan memperhatikan nasib masyarakat kurang mampu," kata Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga, Sabtu (28/3/2020).

"Ini kan ada beberapa kabupaten/kota yang lockdown lokal. Kita dukung lockdown asal pemerintah Kota Medan memperhatikan ekonomi yang menengah ke bawah," sambungnya.

Dia mengatakan Pemko Medan bisa mengalihkan anggaran untuk penanganan dampak kebijakan pencegahan virus corona. DPRD Medan, katanya, siap membantu dalam proses pergeseran anggaran itu.

"DPRD Medan akan mendukung kebijakan Pemko mengalokasikan anggaran khusus mungkin memberikan bantuan terhadap masyarakat kurang mampu. Kan ada instruksi Presiden," ucapnya.

Ihwan menilai ada beberapa pos anggaran yang bisa digeser. Antara lain anggaran kegiatan seremonial dan proyek infrastruktur.

"Yang nggak terlalu penting, kegiatan seremonial selama ini bila memungkinkan perlu dikurangi anggaran termasuk potong sedikit infrastruktur bila masih kurang. Masih adalah pos-pos lain yang bisa digeser. Tinggal koordinasi," ujar politikus Gerindra ini.

Dia berharap Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution tidak ragu mengambil kebijakan terkait pencegahan Corona. Jika ragu dengan persoalan anggaran, kata Ihwan, Akhyar dan jajarannya bisa berkonsultasi dengan DPRD.

Sebelumnya, Pemko Medan bakal melakukan penutupan sejumlah ruas jalan. Kebijakan ini dilakukan agar warga mengurangi aktivitas di luar rumah dan tetap menjaga jarak antar-warga karena menurunkan potensi keramaian.

Penutupan dilakukan dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB dan pukul 19.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Berikut daftar jalan yang ditutup sementara:

-Jalan SM Raja simpang Jalan Sakti Lubis
-Jalan Brigjen Katamso simpang Jalan Alfalah
-Jalan Brigjen Katamso simpang Jalan Sakti Lubis
-Jalan Jamin Ginting simpang Jalan Dr Mansyur
-Jalan Setia Budi simpang Jalan Dr Mansyur
-Jalan Gatot Subroto simpang Jalan Kapten Muslim
-Jalan Sunggal simpang Jalan Sei Batang Hari
-Jalan Yos Sudarso simpang Jalan Haji Adam Malik
-Jalan Haji Adam Malik simpang Jalan T Amir Hamzah
-Jalan Gaharu simpang Jalan Perintis Kemerdekaan
-Jalan Perintis Kemerdekaan simpang Jalan Timor
-Jalan Sutomo simpang Jalan HM Yamin

Begini Suasana Tegal Setelah Wali Kota Putuskan Local Lockdown:

[Gambas:Video 20detik]



(haf/isa)