BRI Beri Sembako Senilai Rp 5 M buat Warga Terdampak Corona

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 18:33 WIB
pembagian donasi
Foto: shutterstock
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberikan bantuan sembako langsung (BSL) untuk masyarakat kurang mampu ataupun yang terkena dampak secara ekonomi akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Jumlah bantuan yang disalurkan sebanyak 50 ribu paket dengan total senilai Rp 5 miliar.

Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto mengatakan dalam pemberian bantuan tahap pertama lewat corporate social responsibility (CSR) ini, setiap satu paket sembako yang akan dibagikan terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir dan lain-lain.

"Sebagai bagian dari korporasi BUMN, kegiatan ini merupakan kontribusi kami untuk ikut meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19," ungkap Amam dalam keterangan tertulis, Jumat (27/3/2020).

Pembagian sembako gratis akan dilakukan secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia, terutama wilayah terdampak COVID-19 seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, dan Denpasar.

Amam menegaskan dalam pelaksanaannya BRI tidak melakukan pengumpulan massa. Namun, bekerja sama dengan Agen BRILink di setiap wilayah untuk memudahkan penyaluran langsung ke penerima bantuan.

"Kami pastikan bantuan ini bisa disalurkan dengan optimal dan bisa tepat sasaran untuk masyarakat yang membutuhkan," tegas Amam.

Penyelenggaraan BSL merupakan salah satu inisiatif perseroan dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya kepada lingkungan dan masyarakat serta menindaklanjuti arahan pemerintah dalam melaksanakan physical distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Selain itu, kata Amam, keberadaan Agen BRILink merupakan wujud BRI senantiasa hadir memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia mengatakan sebelumnya perseroan telah menyerahkan bantuan sarana dan prasarana penunjang Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, berupa 3 buah kendaraan roda tiga, 3 freezer, 3 cooler, 5 misty fan, 10 troli, 500 palet, 30 buah dispenser, 100 galon air mineral, dan puluhan kain pembersih lantai.

Tak hanya itu, BRI juga menyediakan wastafel portable yang diletakkan di sekitar area kantor operasional BRI untuk memudahkan masyarakat umum menjaga kebersihan dengan membiasakan mencuci tangan dengan bersih.

(mul/mpr)