Cerita Maddaremmeng, Merajut Asa di Tengah Pandemi COVID-19

Abu Ubaidilllah - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 17:04 WIB
grabdaily
Foto: dok grab
Jakarta -

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan pria berusia 40 tahun ini untuk terus berjuang memenuhi kebutuhan hidup keluarga, dia adalah Maddaremmeng, warga asal Makassar, Sulawesi Selatan.

Hingga saat ini, Maddaremmeng masih terus nge-trip mengantarkan penumpang di jalanan Kota Makassar. Bukan karena nekat, melainkan Ia begitu rajin bekerja dan tidak segan keluar dari zona nyaman untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Saat masih berdagang barang kebutuhan di pasar, Maddaremmeng menyisihkan sebagian uangnya untuk menabung. Hasilnya, Ia bisa membeli mobil yang kemudian gunakan sebagai modal untuk bergabung jadi mitra GrabCar. Ketika bergabung, Ia memiliki satu impian yakni bisa berangkat haji atau umrah suatu saat nanti.

Siapa sangka, hanya dalam jangka waktu 6 bulan setelah menjadi pengemudi GrabCar, Ia sudah bisa mencapai Tanah Suci. Selain itu, berkat dedikasinya Ia pernah menerima penghargaan dari Grab sebagai pengemudi dengan pelayanan yang prima.

"Keluarga masih mengizinkan saya nge-trip karena memang itu juga untuk memenuhi kebutuhan. Jumlah order sekarang memang menurun drastis, karena serba libur semua. Anak sekolah libur, orang yang ke kantor ke rumah sakit juga berkurang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/3/2020).

Adanya pandemi Covid-19 membuat permintaan menjadi lebih sepi. Namun Ia menuturkan, bila mendapat order-an, maka Ia akan mengambilnya segera. Ia juga mengutamakan kesehatan penumpang dengan mengenakan masker, membawa cairan pembersih, dan mencari informasi zona merah Covid-19 untuk sebisa mungkin menghindarinya.

"Kita yang waspada menghindari zona merah, kan sudah ada di berita di mana yang terinfeksi. Grab juga mengimbau untuk kita selalu antisipasi. Sambil nge-trip diimbau mempersiapkan masker, lalu sanitizer," lanjutnya.

Menurutnya, sebagai upaya pencegahan sebelum mengantar penumpang, Ia menyemprot ke sela-sela tempat duduk dan ke gagang pintu. Selain itu, setiap kali selesai menurunkan penumpang Ia akan melakukan hal yang sama agar kebersihan kendaraannya tetap terjaga sehingga dia dan penumpang dapat merasa lebih aman serta nyaman.

"Minggu lalu juga sudah ikut pembersihan dari kantor Grab dan juga disiapkan masker, vitamin dan desinfektan," lanjut Maddaremmeng.

Ia berharap agar situasi pandemi ini dapat segera berlalu agar semua orang bisa kembali bekerja normal. Maddaremmeng merupakan salah satu mitra GrabCar yang dapat mewujudkan impiannya dan tengah merajut mimpi baru. Ia bercerita, saat ini tengah merajut mimpinya untuk berinvestasi properti.

Grab juga memiliki berbagai inisiatif untuk mendukung upaya pencegahan virus corona melalui gerakan #KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Makassar.

Melalui gerakan ini, Grab telah menyediakan ribuan masker, hand sanitizer, dan menyemprot disinfektan pada kendaraan mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar serta mitra pengantaran GrabFood dan GrabExpress. Selain itu, Grab juga melakukan edukasi hidup sehat dan pencegahan Covid-19 melalui fitur GrabHealth.

(ega/ega)