Niat Sholat Tahajud Malam dan Keutamaannya

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 16:44 WIB
Sholat
Niat sholat tahajud malam. Foto: iStock
Jakarta -

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan pada malam hari. Tata cara melakukan sholat tahajud malam sama seperti sholat sunah umumnya, yang berbeda hanya niatnya.

Waktu sholat tahajud sangat dianjurkan pada sepertiga malam. Berikut ini waktu yang disunahkan untuk melaksanakan sholat tahajud yang dikutip dalam buku "Sholat Tahajud dan Kebahagiaan" oleh Abd. Muqit:

- Sepertiga malam pertama: Dimulai setelah sholat Isya sampai pukul 22.30.

- Sepertiga malam kedua: Dimulai 20.30 hingga 01.30.

- Sepertiga malam terakhir: Dimulai 01.30 hingga sebelum masuk waktu subuh sekitar pukul 03.00.

Sholat tahajud berapa rakaat?

Sholat tahajud dikerjakan minimal 2 rakaat dengan jumlah maksimal yang tidak terbatas. Jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW, lakukan sholat 2 rakaat sebanyak 4 kali dan ditutupi sholat witir sebanyak 3 rakaat. Sholat witir merupakan sholat sunah yang menjadi penutup sholat pada hari itu.

Niat dan tata cara sholat tahajud malam:

1. Sebelum mengerjakan sholat tahajud, bacalah niat sholat tahajud berikut ini:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla."

Artinya: "Aku niat sholat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

2. Setelah membaca niat sholat tahajud, lakukan sholat 2 rakaat dengan 2 kali sujud dan 1 kali salam. Kemudian lakukan pengulangan sholat 2 rakaat jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW.

3. Zikir dan doa. Tidak ada kewajiban untuk membaca doa tertentu setelah menjalankan sholat tahajud. Lakukanlah zikir dan doa untuk berserah diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan dan petunjuk-Nya.

Berikut manfaat sholat tahajud malam yang dikutip dalam buku "Dahsyatnya Tahajud, Subuh dan Dhuha" oleh Adnan Tarsyah:

1. Doa Dikabulkan Allah SWT

Orang yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa, diyakini doa akan lebih mudah dikabulkan. Dengan keyakinan yang teguh, kita merapalkan doa dan harapan itu untuk dihaturkan pada Tuhan Yang Maha Pemurah dan Penuh Kasih Sayang.

2. Mengangkat Derajat

Allah akan mengangkat derajat orang yang gemar melakukan sholat tahajud. Sebagaimana Allah berfirman, "Dan pada sebagian malam, dirikanlah sholat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS.Al-Isra:79)

3. Menghapus dan Pencegah Dosa

Sholat tahajud dengan penuh keikhlasan akan menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat. Setiap malamnya kita selalu mengingat Allah, sehingga kita merasa terawasi dan mencegah kita untuk berbuat dosa kembali. Selain sholat tahajud, kamu juga bisa melaksanakan sholat taubat. Siapa yang melakukan sholat taubat dengan sungguh-sungguh, insyaAllah akan diampuni semua dosa-dosa yang pernah diperbuat dan tidak akan mengulanginya lagi.

4. Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

Seseorang yang tekun sholat tahajud dengan istiqomah niscaya akan merasakan kebahagiaan yang menjalar dalam segenap relung raganya. Tahajud juga dapat membuat seseorang lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

(lus/erd)