Salat Jumat di Tengah Pandemi Corona, Gubsu Edy Bawa Sajadah Sendiri

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 14:13 WIB
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah Fansuri Lubis/detikcom)
Medan -

Salat Jumat tetap digelar di Medan meski ada imbauan agar warga mengurangi aktivitas yang menimbulkan keramaian. Sejumlah orang, termasuk Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, terlihat membawa sajadah sendiri.

Pantauan detikcom di Masjid Gubsu yang berada di rumah dinas Gubsu, Jumat (27/3/2020), Edy terlihat membawa sajadah berukuran kecil. Masjid ini juga terlihat dipenuhi jemaah. Terlihat jemaah lainnya juga membawa sajadah masing-masing untuk salat.

Salat Jumat juga tetap digelar di Masjid Agung Medan. Jemaah di sini juga terlihat membawa sajadah masing-masing.

Seusai salat Jumat, Edy melanjutkan pertemuan dengan sejumlah pimpinan rumah sakit. Mereka membahas penanganan virus Corona di Sumut.

Sebelumnya, Edy memang sempat meminta umat Islam membawa alas sendiri ketika salat berjemaah di masjid. Edy juga meminta warga yang terkena flu menggunakan masker agar tak menulari orang lain.

"Siapkan alas untuk kita bersujud. Tetap kita beribadah dengan sajadah yang kecil atau sajadah yang besar juga boleh, atau sapu tangan. Apabila kita ada flu, batuk, dan segalanya, gunakan masker, hindari rekan-rekan kita tertular, segara berobat. Pastikan bahwa dia sembuh segera," ujar Edy saat membuka MTQ Yayasan Haji Anif di Medan, Minggu (15/2).

Edy meminta umat Islam tak meninggalkan masjid. Hal ini, menurut dia, harus tetap dilakukan meski terjadi wabah virus Corona.

"Khusus yang beragama Islam, jangan terus meninggalkan masjid karena takut Corona," kata Edy.

Petugas Beri Woro-woro ke Warga Blitar Agar tak Gelar Salat Jumat:

(haf/idn)