Drone Semprotkan Disinfektan dari Udara di Jalan Protokol di Jaksel

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 12:30 WIB
Penyemprotan disinfekta di Jaksel menggunakan drone
Penyemprotan disinfekta di Jaksel menggunakan drone (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pemkot Jakarta Selatan terus melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah ruang publik untuk pencegahan virus Corona (COVID-19). Siang ini, jalan protokol di wilayah Jakarta Selatan disemprot disinfektan dengan mengerahkan drone.

"Titik penyemprotan ini dilakukan di jalan protokol mulai SCBD sampai menuju ke Patung Pemuda," ujar Lurah Senayan Kurnia Rita dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

Pemkot Jaksel bekerja sama dengan TNI AU dan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dalam upaya penyemprotan disinfektan menggunakan pesawat drone ini. Dua unit drone tipe Agras keluaran terbaru diuji coba dalam upaya pencegahan wabah COVID-19.

Adapun kapasitas drone bervariasi, antara 10 liter dan 16 liter cairan disinfektan. Diharapkan, penyemprotan disinfektan dengan drone ini akan menjangkau lokasi yang sulit dijangkau.



Sementara itu, Kepala Dinas Potensi Kedirgantaraan TNI AU Marsma TNI Basuki Rachmat mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk membantu program Pemkot Jaksel mencegah mewabahnya Corona. Penyemprotan ini sendiri merupakan uji coba perdana dengan menggunakan drone.

"Hari ini adalah program uji coba di sekitar jalan protokol di Jakarta Selatan di mana dilaksanakan drone Agras tipe terbaru dari produksi drone," jelas Basuki.

Selain Jakarta Selatan, penyemprotan menggunakan drone akan dilakukan di titik-titik lain seperti di Bundaran HI hingga kawasan Kota Tua.

"Penyemprotan ini akan dilakukan tergantung permintaan Pemerintah Kota Jakarta Selatan. Selain Jakarta Selatan, kami juga melakukan penyemprotan di lokasi lain. Sabtu di Bundaran HI, Minggu di Kota Tua, untuk Minggu siang di Citragrand," imbuh Basuki.

Lebih lanjut Basuki berharap kepada komunitas atau pemilik drone di Jakarta agar bisa membantu program pemerintah untuk menangani penurunan virus COVID-19.

"Kalau kita bersama-sama menangani, kita akan bisa menanganinya," pungkas Basuki.

Tangkal Corona, Baznas Semprot Disinfektan ke Transportasi Publik:

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mea)