Polisi Patroli Social Distancing, Sejumlah Tongkrongan di DKI Ini Masih Ramai

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 11:44 WIB
Petugas Polisi bersiap sebelum melakukan patroli di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/1/2018). Polda Metro Jaya memiliki 150 unit mobil patroli baru untuk menunjang operasional. Mobil patroli ini dilengkapi peralatan guna melengkapi tugas-tugas polisi di lapangan. Sesuai dengan namanya, mobil tersebut digunakan sebagai sarana petugas kepolisian dalam melakukan patroli. Dengan adanya penambahan unit mobil patroli ini, diharapkan Jakarta semakin aman. Adapun mobil untuk patroli ini keluaran Nissan type Almera. Selain alat komunikasi handy talkie, public address, mobil tersebut dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR) serta peralatan P3K.
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)

"Ya semua tempat lah (dipatroli), semua tempat tongkrongan seperti tadi malam seperti biasa Blok M, Bulungan, Kemang, Pondok Indah, Gandaria, pokoknya semua tempat lah kita patroli setiap malam kita polres-polsek jajaran," kata Budi Selasa (24/3/2020).

Budi mengatakan, dalam patroli itu, masih banyak menemukan warga yang nongkrong. Namun, katanya, ketika polisi mengimbau untuk pulang, mereka mengikuti arahan dari polisi.

"Kita cek pokoknya kalau ada tongkrongan-tongkrongan kita suruh pulang dan tadi malam pun memang sudah banyak yang langsung pulang. Kalaupun memang ada toko bukan untuk... misal ojek online atau untuk beli dibawa pulang, bukan untuk tempat nongkrong," katanya.

Budi menyebut terdapat peningkatan yang cukup signifikan semenjak kepolisian melakukan patroli untuk melakukan social distancing. Beberapa tempat yang berpotensi terjadi kerumunan masa disebutnya perlahan sepi.

"Dan dari laporan memang sudah lumayan sepi, kalaupun ada ya sekadar warung-warung kaki lima. Tapi itu juga sudah imbau suruh pulang. Tapi kalau tempat kumpul-kumpul banyak ya udah sepi," katanya.

Halaman

(mei/mei)