Sejumlah Provinsi Belum Dapat APD, Ini Daftarnya

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 10:35 WIB
Petugas memindahkan Alat Pelindung Diri (APD) dari pesawat B737-400 milik TNI AU di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (23/3/2020). Ribuan APD dengan berat total 1,6 ton yang dikirim dari Lanud Halim Perdanakusuma tersebut selanjutnya akan didistribusikan ke beberapa rumah sakit di wilayah Bali, NTB dan NTT untuk penanganan COVID-19 atau virus Corona. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Distribusi APD (Fikri Yusuf/Antara Foto)
Jakarta -

Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 sudah mendistribusikan 151 ribu alat pelindung diri (APD) ke sejumlah provinsi. Namun ada provinsi yang belum mendapatkan APD.

Distribusi APD untuk tenaga medis di seluruh Indonesia ini dibantu oleh TNI. Staf Operasi TNI Kolonel Inf Aditya Indra Pasha mengatakan sebanyak 170 ribu APD disimpan di gudang di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Sampai dengan pagi ini sudah terdistribusi 151 ribu, sehingga cadangan nasional yang ada adalah 19 ribu APD," ujar Aditya saat konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube BNPB, Jumat (27/3/2020).

Namun, meski sudah didistribusikan, masih ada sejumlah provinsi yang belum terdistribusi. Aditya mengatakan, bisa jadi APD tersebut belum diambil karena sudah dialokasikan.

"Beberapa yang sudah dialokasikan tetapi mungkin belum sempat terdistribusi atau mungkin diambil tetapi kita sudah alokasikan, ada beberapa provinsi di antaranya adalah provinsi Riau, kemudian provinsi Jambi, Bengkulu, kemudian provinsi Sumsel, provinsi Gorontalo, dan provinsi Sulteng," tuturnya.

Seperti diketahui, pemerintah mengimpor APD dari luar negeri untuk kebutuhan tenaga medis di Indonesia. APD dan kebutuhan medis lain untuk penanganan Corona kemudian didistribusikan ke setiap provinsi.

3 Cara Berobat ke RS Darurat Corona Wisma Atlet, Catat!:

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/fjp)