Niatnya Cegah Corona, Ritual Tah Was Kumpulkan Massa Digelar di Papua Barat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 10:35 WIB
Bupati Maybrat Bernard Sagrim saat mengikuti ritual adat Tah Was.
Bupati Maybrat Bernard Sagrim saat mengikuti ritual adat Tah Was. (Ernes Kakisina/Antara)
Maybrat -

Ritual adat Tah Was digelar di Kampung Yumame, Distrik Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Ritual itu diyakini warga bisa mengusir segala jenis penyakit, termasuk virus Corona (COVID-19).

Dilansir Antara, Jumat (27/3/2020). Pelaksanaan ritual adat itu merupakan bagian dari acara deklarasi pemerintah daerah dalam melawan COVID-19 di Kantor Kampung Yumame, Kamis (26/3). Ritual itu dipimpin langsung oleh Bupati Maybrat Bernard Sagrim serta dihadiri oleh Tim Satgas Penanganan COVID-19, pegawai pemerintah, dan warga.

Ritual adat Tah Was dilakukan oleh Markus Bortall, tetua adat setempat. Markus mengatakan ritual Tah Was biasa dilakukan oleh orang tua Maybrat pada masa dulu guna mengobati berbagai penyakit. Menurut dia, ritual adat tersebut dilakukan didasari pada keyakinan bahwa alam bisa mengusir segala penyakit.

Setelah ritual adat selesai dilaksanakan, Bupati Bernard Sagrim bersama Ketua DPRD Maybrat Fernando Solossa serta pejabat lainnya menyampaikan penyuluhan mengenai upaya pencegahan penularan COVID-19 kepada warga, terutama yang tinggal di daerah perbatasan, seperti Kampung Konja, Aiwasi, Yumame, Welek, dan Athabu.

Simak juga video Warga Polman Gelar Tradisi Mappadendang di Tengah Wabah Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2