Pandemi Corona, Kemenhub Siapkan Skema Larangan Mudik Kendaraan Pribadi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 08:51 WIB
Kondisi mudik 2019 H-7
Ilustrasi jalan tol, Foto: Ruly Kurniawan/detikOto
Jakarta -

Pemerintah menyiapakan sejumlah skema untuk larangan mudik Lebaran bagi warga yang menggunakan kendaraan pribadi di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Salah satu skemanya adalah kemungkinan Kementerian Perhubungan bersama dengan TNI-Polri membuat sekat agar kendaraan pribadi tak keluar dari Jakarta.

"Sama juga, nanti konsekuensi, kalau memang pemerintah Pak...hasil keputusan rapat terbatas dilarang ya mungkin nanti dari TNI-Polri sama mungkin kita Kementerian Perhubungan pasti akan membuat sekat untuk mobil keluar dari Jakarta tidak boleh," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi saat dihubungi, Kamis (26/3/2020) malam.

Bila keputusan pemerintah pusat melarang warga mudik, Budi mengatakan Kemenhub telah menyiapkan titik sekat kendaraan pribadi. Semisal jalan mengarah ke Merak, Bogor, dan Bekasi.

"Yang pasti kita lagi menyiapkan, paling ke Merak, ke Bogor, yang jalan tol, mungkin yang jalan nasional biasa Bekasi, Kerawang, itu nanti kita tutup," ujarnya.

Budi mengatakan Kemenhub menyiapkan sejumlah skema selain penyekatan kendaraan pribadi bila pemerintah memutuskan ada larangan mudik. Skema itu adalah pengurangan angkutan umum untuk mudik dan tak dilaluinya tol saat mudik.

Selanjutnya
Halaman
1 2