Istana Masih Kaji Larangan Mudik saat Wabah Corona: Diputuskan Presiden

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 08:04 WIB
Donny Gahral
Donny Garhal, Foto: Alfons/detikcom
Jakarta -

Kantor Staf Kepresidenan (KSP) mengungkapkan larangan mudik saat wabah virus Corona (COVID-19) masih dikaji pemerintah. Keputusan tersebut akan diambil langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mudik masih dikaji, dalam waktu dekat saya kira Presiden yang akan memutuskan apakah nanti ada instruksi untuk tidak mudik ya saat lebaran karena ini bisa menyebarkan pandemi Corona sampai ke daerah-daerah pelosok di Nusantara atau paling tidak Jawa," kata Tenaga Ahli Utama KSP, Donny Gahral kepada wartawan, Kamis (26/3/2020) malam.

"Ini sedang masih dikaji, tapi nanti dalam waktu dekat pasti akan ada keputusan," imbuhnya.

Hingga kini belum diketahui bentuk aturan 'larangan' mudik nantinya. Keputusan bukan berada pada tataran menteri.

"Belum tahu (nanti bentuk aturannya apa), karena ini masih dalam kajian. Apakah nanti bentuknya surat edaran, tapi nanti keputusannya di tangan presiden bukan di menteri," sebut Donny.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau agar masyarakat tidak mudik saat lebaran nanti. Ma'ruf mengingatkan bahaya dari kegiatan mudik baik dalam proses perjalanan ataupun di kampung halaman.

"Tapi kalau saya pribadi sebaiknya memang masyarakat tidak mudik. Mudik itu yang penting gimana silaturahmi. Tetapi ada bahaya yang mungkin terjadi, baik di jalan maupun di kerumunan-kerumunan ketika berada di kampung halaman dan ada risiko penularan COVID-19," kata Ma'ruf dalam konferensi pers secara online, Kamis (26/3).

Kemenhub Imbau Masyarakat Tak Mudik Tahun Ini:

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/idn)