Round-Up

Opsi Lockdown Parsial Makassar Gegara Banyak Terpapar

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 06:39 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Makassar -

Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb membuka opsi lockdown parsial untuk ibu kota Sulawesi Selatan melihat peningkatan kasus Corona. Sejauh ini, status Makassar sudah darurat Corona sejak ada yang meninggal.

Iqbal mengatakan jumlah warganya yang positif Corona hingga kini berjumlah 11 orang, paling banyak di Sulsel. Di samping itu, Makassar juga merupakan wilayah transit untuk ke daerah lain.

"Kemungkinan lockdown bisa parsial atau keseluruhan kalau terjadi lonjakan yang sangat besar mengingat Makassar wilayah transit," kata Iqbal dalam video conference dengan wartawan, Kamis (26/3/2020).

Meski begitu, kebijakan lockdown harus dikomunikasikan dengan pemerintahan provinsi, mengingat Makassar adalah ibu kota Provinsi Sulsel.

"Bukan keputusan pribadi, tetapi keputusan pemerintah Sulsel karena ada Forkopimda," ucapnya.

Tidak hanya itu, Makassar akan memperketat masuknya orang ke Makassar lewat jalur udara, laut, dan darat untuk mencegah pembawa virus Corona.

"itu jadi pertimbangan dan Pak Gubernur kan segera berkoordinasi dengan pihak otoritas bandara dan pelabuhan lebih perketat, khususnya nonbarang dan logistik," terangnya.

Update Global: Corona Infeksi 413.467 Orang di 196 Negara:

Selanjutnya
Halaman
1 2