Menlu: KTT G20 Beri Perhatian Khusus ke Negara Berkembang dalam Menangani Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 22:51 WIB
Menlu Retno Marsudi
Foto: Menlu Retno Marsudi (Andhika-detikcom)

Lebih lanjut, Retno mengatakan pertemuan yang dihadiri oleh anggota G 20 dan organisasi internasional seperti WHO, PBB, IMF, hingga World Bank itu juga memberikan perhatian khusus terdapat negara berkembang dalam menangani Corona. Menurutnya, penanganan virus Corona di negara berkembang tentu sangat berbeda dibandingkan dengan negara maju.

"Beberapa kepala negara mengenai pentingnya kita memberikan perhatian mengenai negara berkembang, least developed countries termasuk sekjen PBB secara khusus menyampaikan mengenai hal itu negara-negara berkembang dan least developed countries memiliki kapasitas yang berbeda, kapasitas yang tidak sama dengan negara berkembang dalam menangani isu COVID-19 ini," tutur Retno.

Retno menegaskan ada 4 poin yang menjadi roh dalam menangani Corona. Seperti koordinasi, sinergitas, solidaritas dan soliditas akan harus dilakukan untuk memerangi COVID-19.

"Sekali lagi koordinasi, sinergi, solidaritas, soliditas menjadi roh dari pertemuan khusus G20 mengenai COVID-19," sebut dia.

selanjutnya
Halaman

(lir/fjp)