Ikut Rapat Virtual KTT G20, Jokowi Minta Semua Negara Solid Perangi Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 22:13 WIB
Jokowi Ikuti Rapat Virtual KTT Luar Biasa G20 Bahas Penanganan Corona
Jokowi Ikuti Rapat Virtual KTT Luar Biasa G20 Bahas Penanganan Corona. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual membahas penanganan virus Corona (COVID-19). Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan harus bisa menang melawan pandemi virus Corona.

Pernyataan Jokowi itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam siaran langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (26/3/2020). Jokowi, kata Retno, berpesan agar negara-negara KTT G20 bisa solid.

"Tadi dalam pernyataannya Bapak Presiden intinya kembali menekankan pentingnya kerja sama, soliditas sinergi dan Presiden menyampaikan pesan yang sangat kuat bahwa kita harus memenangkan dua peperangan sekaligus, yaitu melawan COVID-19, dan yang kedua melawan pelemahan ekonomi dunia saat ini," kata Retno.

"Itulah dua pesan besar yang disampaikan Presiden di dalam statement nasional tadi," imbuhnya.

Retno menuturkan pertemuan virtual tadi dihadiri organisasi internasional, seperti WHO, PBB, IMF, hingga World Bank. Pertemuan itu membahas memerangi pandemi Corona hingga melakukan upaya pengamanan perdagangan ekonomi global.

"Dari pertemuan ini tadi akan dikeluarkan leaders statement yang intinya dibagi di dalam empat hal, satu adalah mengenai upaya memerangi pandemi, kedua adalah bagaimana kita men-safeguard ekonomi global, ketiga bagaimana kita meng-address disrupsi perdagangan, keempat kita memperkuat kemitraan global. Jadi itulah roh atau apa yang disampaikan kepala negara juga yang disampaikan Presiden dalam KTT khusus COVID-19 yang dilakukan negara-negara," ucap Retno.

(idn/hri)