Round-Up

Sungguh Tak Etis Berselancar Papan dengan Perlengkapan Tenaga Medis

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 20:58 WIB
Pemain Skateboard Pakai APD
Foto: tangkapan layar video viral
Jakarta -

Viral seorang pria bermain skateboard dengan kostum alat pelindung diri (APD). Kelakuan pria itu menuai kecaman lantaran disandingkan dengan situasi saat ini, di mana banyak petugas medis yang menangani pasien Corona (COVID-19), masih kekurangan APD.

"Sumpah itu yang main skateboard pake APD buat gaya" aja? Sumpah, bener" terkutuk," kata akun @a_denlir****.

"Dokter dokter susah cari APD. Gaada otak," komentar @oc*.d**.

Dari informasi yang dihimpun detikcom, Kamis (26/4/2020), video itu muncul di Instagram akun @ppsgarm. APD yang digunakan pemain skateboard itu antara lain masker respirator, kaus tangan dan pakaian yang biasa dipakai petugas kesehatan menangani pasien Corona atau Covid-19.

Video tersebut diunggah bersama foto lainnya yang memperlihatkan APD digunakan orang masuk ke pasar dan dibandingkan dengan perawat menggunakan jas hujan sebagai APD. Atraksi memainkan papan seluncur sambil mengenakan APD tersebut diduga di Kota Bandung, tepatnya di Taman Skateboard atau Taman Pasupati yang ada di bawah Jalan Layang Surapati.

"Itu terlalu berlebihan kalau warga ikut-ikutan (pakai APD). APD itu dipakai oleh tenaga medis yang melakukan perawatan di isolasi. Masyarakat kan nggak ngerawat pasien, maka masyarakat nggak usah pakai APD. Jadi perlindungan yang dipakai itu kalau dia ke tempat yang berkerumun itu harus pakai masker," ujar Ketua Umum PB IDI, dr Daeng M Faqih, saat dihubungi, siang tadi.

Sementara itu Persatuan Perawat Nasional Indonesia meminta masyarakat dapat menunjukkan rasa empati di tengah kondisi tenaga medis yang masih kekurangan alat pelindung diri (APD). Memang, kata Harif, memakai kostum apapun adalah hak seseorang.

"Pertama, haknya mereka ya. Tapi kalau dari sisi kondisi ya, di mana kita kekurangan APD, saya kira harus empatilah dengan kondisi hari ini," ucap Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia Harif Fadhilah saat dihubungi, Kamis sore.

Selanjutnya
Halaman
1 2