Ini Amalan dan Doa Ketika Menghadapi Wabah Corona dari Gus Mus

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 05:00 WIB
gus mus dan santrinya
Pesan Gus Mus terkait virus corona. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Jakarta -

Jumlah pasien akibat terpapar virus corona atau Covid-19 di Indonesia terus bertambah setiap harinya. Selain berusaha dengan menjaga kebersihan dan kesehatan, masyarakat diminta berdoa agar wabah virus yang hingga kini belum ada penawarnya itu segera berakhir.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus membagikan lima amalan dan doa (https://www.detik.com/tag/doa) yang bisa dikerjakan umat Islam saat menghadapi virus corona. Pimpinan Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin, Rembang, Jawa Tengah itu meminta masyarakat melakukan ikhtiar batin.

"Waba'du menghadapi Covid-19, ikhtiar lahir sudah dilakukan secara massal (dan bahkan mirip 'kepanikan umum'). Tapi sebagian hamba-hamba beriman, kita tidak boleh melupakan ikhtiar batin, mendekat serta memohon kepada Tuhan kita dan Tuhannya segala virus," tulis Gus Mus dalam Facebook pribadinya. Tim Hikmah detikcom sudah mendapatkan izin dari pihak Gus Mus untuk mengutip status tersebut.

Berikut amalan dan doa ketika menghadapi wabah corona yang disampaikan Gus Mus:

1. Menyempurnakan wudhu kita.

2. Membaca بسم الله لا يضر مع اسمه شئ في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم، "BismiLlãhi lã yadhurru ma'asmiHi syai-un fil ardhi walã fissamã-i waHua s-Samii'ul 'Aliim, setiap habis Subuh dan Maghrib; juga jika mau keluar rumah. Sebanyak 3 kali.

3. Wiridkan asma Allah يا سلام (yã Salãm) يا حفيظ (yã Hafiizh), dan يا مانع يا ضآر ، (yã Mãni'u yã Dhãrru). Masing-masing minimal 20 kali setiap habis sholat.

4. Membaca shalawat Nabi SAW yang kita sukai atau hafal setiap mulut nganggur.

5. Berdoa: اللهم إنا نسألك العفو والعافية والمعافاة الدائمة في الدين والدنيا والآخرة، Allahumma innã nas'aluKa al-'afwa wal-'ãfiata wal mu'ãfata fiddiini waddunyã wal ãkhirah. Wawallãhu Musta'ãn.

Hal yang utama adalah tetap di rumah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amalan dan doa ini akan membuat hati kita lebih tenang dan lebih dekat kepada Allah SWT sang maha pencipta.

(lus/lus)