RS Darurat di Pulau Galang Akan Tampung TKI Positif Corona dari Malaysia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 15:21 WIB
Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. (Antara Foto/Syaiful Hakim)
Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. (Antara Foto/Syaiful Hakim)
Jakarta -

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono, mengatakan Rumah Sakit Darurat (RSD) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), bisa digunakan untuk menampung tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang dinyatakan positif Corona (COVID-19).

"Rumah Sakit Darurat Pulau Galang akan mulai dioperasikan pada Senin (30/3), untuk menampung TKI dari Malaysia yang positif COVID-19," kata Yudo ketika dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Kamis (26/3/2020) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, para TKI dari Malaysia yang mencapai ribuan orang itu, sebelum dibawa ke Rumah Sakit Darurat Pulau Galang, akan ditempatkan di Tanjung Balai Karimun, Kepri.

Ribuan TKI itu, kata mantan Pangkoarmada I ini, akan menjalani pemeriksaan kesehatan, mulai pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal gun hingga pemeriksaan menggunakan alat rapid test COVID-19.

"Jika hasilnya positif, maka akan dirawat di RSD Pulau Galang," ujar Yudo.

Pemeriksaan sendiri akan dilakukan pada Senin (30/3) nanti di bawah komando Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Pulau Galang.

RS Darurat di Pulau Galang Akan Tampung TKI Positif Corona dari MalaysiaProgres pembangunan RS khusus penanganan pasien Corona di Pulau Galang, Kepri. (dok. Istimewa)

Sebelumnya dilaporkan, Pelabuhan Dumai akan menjadi lokasi kedatangan TKI yang pulang dari Malaysia. Para TKI itu kembali ke Tanah Air karena negeri jiran tersebut memberlakukan kebijakan 'lockdown' akibat pandemi COVID-19.

Update Corona di RI: 893 Positif, 78 Meninggal, dan 35 Sembuh:

Selanjutnya
Halaman
1 2