Ada Kelompok Rentan Berisiko Tinggi Corona, Anies: Harus Dimudahkan

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 14:57 WIB
Anies Baswedan
Foto: Arief/detikcom
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan ada sejumlah kelompok rentan yang berisiko kematian tinggi jika terpapar virus Corona. Anies meminta agar kelompok rentan ini harus lebih diperhatikan.

"Ada kelompok masyarakat memiliki resiko amat tinggi terhadap COVID-19, mereka rentan bila terkena maka risiko fatalitas cukup tinggi," kata Anies saat konferensi pers secara online melalui akun YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Anies menjabarkan kelompok rentan itu adalah masyarakat lansia dan penyandang penyakit, seperti diabetes dan asma. Menurutnya, kelompok ini harus diperhatikan dan dimudahkan.

"Misalnya masyarakat lansia, penyandang penyakit-penyakit seperti diabetes, asma, dan lain-lain. Saya ajak kepada masyarakat untuk perhatikan sekali mereka-mereka yang memiliki kerentanan, untuk dibantu, diringankan," ucapnya.

Anies juga meminta masyarakat yang memiliki penyakit bawaan tidak bepergian lebih dulu. Dia meminta pihak RT, RW, hingga PKK betul-betul membantu mengidentifikasi masyarakat berisiko tinggi tersebut.

"Bagi yang punya risiko penyakit bawaan, didukung, dimudahkan supaya tidak pergi keluar, ini dikerjakan sama-sama kita gerakkan untuk identifikasi masyarakat risiko tinggi agar mereka tidak berkegiatan di luar agar tidak berpotensi tertular," papar Anies.

Update Corona DKI: 495 Positif, 48 Wafat, 50 Tenaga Medis Terpapar:

(maa/zlf)