Menristek Bentuk Konsorsium COVID-19, Kembangkan Vaksin-Disinfektan Chamber

Rahel Nardha Catherine - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 14:16 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro
Menristek Bambang Brodjonegoro/Foto: Maikel Jefriando
Jakarta -

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro membentuk sebuah Tim Konsorsium COVID-19 dalam upaya menangani virus Corona (COVID-19). Tim tersebut akan mengembangkan beberapa alat untuk mencegah penularan virus corona seperti hansanitizer, vaksin, hingga disinfektan chamber.

Tim tersebut terdiri dari beberapa kementerian yang dibawahi oleh Kemenristek/BRIN, seperti LIPI, BPPT, BATAN, dan LAPAN. Tidak hanya itu, Kemenristek/BRIN juga mengajak beberapa perguruan tinggi seperti ITB, IPB, hingga Universitas Airlangga untuk ambil bagian dalam Konsorsium COVID-19.

"Saya ingin sampaikan ke media dan publik bahwa di lingkungan Kemenristek/BRIN sudah terbentuk tim yang akan fokus pada penanganan COVID-19 atau kita sebut sebagai Konsorsium COVID-19," kata Bambang dalam konferensi videonya pada Selasa (26/3/2020).

"Konsorsium ini terdiri dari LPNK yang ada di bawah lingkungan Kemenristek/BRIN, yaitu LIPI, BPPT, BATAN, dan LAPAN serta perguruan tinggi yang ikut hadir dan terlibat di konsorsium ada dari ITB, IPB, UKI, Airlangga, serta dari UGM," sambungnya.

Bambang mengatakan tujuan dibentuknya Konsorsium COVID-19 adalah untuk mendukung pekerjaan dari Gugus Tugas COVID-19 dalam bidang penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (Litbangjirap). Dia mengatakan akan mengembangkan kajian agar dapat memproduksi alat pelindung diri (APD).

Blak- blakan Pembuatan Vaksin Corona di RI:

Selanjutnya
Halaman
1 2