Simak! Buka-bukaan Terbaru Pangdam Jaya soal RS Darurat Corona Wisma Atlet

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 12:21 WIB
Mayjen Eko Margiyono Resmi Jabat Pangdam Jaya
Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen Eko Margiyono (Ibnu Hariyanto/detikcom)

Stop Hoax

Eko mengatakan banyak hoax yang beredar terkait RS Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Eko pun meminta para pembuat hoax menghentikan aksinya itu.

"Beberapa hari ini banyak berita-berita hoax. Khususnya keterkaitan dengan rumah sakit ini," kata Eko.

Eko mencontohkan hoax tentang cara masuk ke RS Darurat Corona melalui seorang dokter yang beredar di media sosial. Dia menegaskan berita itu tidak benar.

"Di media sosial beredar apabila ingin masuk ke rumah sakit hubungi dokter dengan memberi nomor handphone. Itu semua adalah berita-berita hoax," tegasnya.

Dia pun mengimbau para pembuat hoax agar tak lagi menyebarkan berita bohong. Eko meminta para pembuat hoax tidak memperkeruh suasana di tengah pandemi Corona ini.

3 Cara Periksa Virus Corona

Eko menjelaskan ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk memeriksakan diri terkait virus Corona di lokasi itu.

"Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, pertama adalah mandiri, artinya mandiri apabila mengalami gejala atau mungkin merasa pernah kontak dengan yang pernah terpapar virus ini dapat langsung datang ke Wisma Atlet," kata Eko.

Namun, jika tidak bisa datang secara mandiri, kata Eko, pasien bisa menelepon call center 119. Nantinya, petugas kesehatan akan menjemput.

"Atau memang yang kedua kalau tidak yakin bisa datang sendiri bisa telepon call center 119, nanti dari petugas akan menjemput dan akan diantar," ujarnya.

Lebih lanjut, Eko menjelaskan, RS Darurat ini juga menerima pasien dari rumah sakit swasta yang tidak bisa lagi menampung pasien Corona. Dengan catatan, pasien itu harus menjalani pemeriksaan lebih awal di rumah sakit tersebut.

Halaman

(aan/dnu)