Siaga Darurat Corona di Gorontalo, MUI Keluarkan Fatwa Tiadakan Salat Jumat

Ajis Khalid - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 10:42 WIB
Ketua MUI Gorontalo, Abdurrahman Abubakar Bahmid (dok. Istimewa)
Ketua MUI Gorontalo Abdurrahman Abubakar Bahmid (Foto: Istimewa)
Gorontalo -

Gorontalo telah menetapkan status siaga darurat wabah Corona. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gorontalo mengeluarkan fatwa atau tausiyah meminta takmir masjid dan umat Islam Gorontalo tidak menyelenggarakan salat Jumat dan diganti dengan salat Zuhur di rumah.

"Iya benar kita sudah keluarkan tausiyah. Sebenarnya kita menindaklanjuti fatwa MUI Pusat terkait Corona. Wabah ini kan dibagi ada yang berpotensi tinggi dan rendah. Adanya status siaga darurat yang dikeluarkan Gubernur Gorontalo ini langkah riil kita," kata Ketua MUI Gorontalo Abdurrahman Abubakar Bahmid kepada detikcom, Kamis (26/3/2020).

Dia menyatakan salah satu fatwa yang dikeluarkan MUI adalah meniadakan salat Jumat di masjid dan menggantinya dengan salat Zuhur di rumah.

"Memang mobilisasi manusia kita tidak bisa hindari, makanya kita mengikuti fatwa MUI. Fatwa salat Jumat ini juga sudah ada di beberapa daerah bahkan di beberapa negara, seperti Saudi dan Mesir juga mengeluarkan hal yang sama dan tidak membedakan daerah yang kena wabah atau tidak. Potensi penyebaran ini sangat luar biasa," jelas Bahmid, anggota DPD RI ini.

Cegah Corona, Polisi Bubarkan Resepsi Pernikahan Warga di Gorontalo:

Selanjutnya
Halaman
1 2