Catat! Ini 3 Cara Periksa Corona di RS Darurat Corona Wisma Atlet

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 10:32 WIB
Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur untuk penangan Corona atau COVID-19. Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, akan dijadikan rumah sakit darurat dan rumah isolasi pasien.
RS Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

RS Darurat Corona di Wisma Atlet Kemayoran beroperasi sejak 24 Maret 2020. Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono menjelaskan ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk memeriksakan diri terkait virus Corona di lokasi itu.

"Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, pertama adalah mandiri, artinya mandiri apabila mengalami gejala atau mungkin merasa pernah kontak dengan yang pernah terpapar virus ini dapat langsung datang ke Wisma Atlet," kata Eko dalam konferensi pers yang ditayangkan langsung melalui akun YouTube BNPB, Kamis (26/3/2020).

Namun, jika tidak bisa datang secara mandiri, kata Eko, pasien bisa menelefon call center 119. Nantinya, petugas kesehatan akan menjemput.

"Atau memang yang kedua kalau tidak yakin bisa datang sendiri bisa telepon call center 119, nanti dari petugas akan menjemput dan akan diantar," ujarnya.

Lebih lanjut, Eko menjelaskan, RS Darurat ini juga menerima pasien dari rumah sakit swasta yang tidak bisa lagi menampung pasien Corona. Dengan catatan, pasien itu harus menjalani pemeriksaan lebih awal di rumah sakit tersebut.

"Kemudian rujukan, kami menyadari beberapa RS swasta kalau tidak bisa menampung dapat salurkan, tapi dengan catatan kita berharap sudah ada pemeriksaan awal di RS tersebut, sehingga kami sudah dapat terima data pasien," tuturnya.

Pangdam Jaya: Skenario Terburuk, Bisa 8.000 Positif Corona di DKI:

(eva/idh)