Beroperasi 3 Hari, RS Darurat Corona Wisma Atlet Rawat 208 Pasien

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 10:26 WIB
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) memakai kacamata pelindung untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). Pemerintah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat penanganan virus COVID-19 serta akan menjadi rumah isolasi bagi pasien yang rencannya akan digunakan pada hari ini, Sabtu (21/3/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Rumah Sakit Darurat Corona (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Kemudian Eko menjelaskan cara agar bisa dirawat RS darurat ini. Dia menyebut bagi masyarakat yang mengalami gejala atau yang terpapar Corona bisa langsung datang ke lokasi atau dengan menghubungi call center 119.

"Kami ingin sampaikan juga banyak yang bertanya, gimana agar bisa berobat di RS ini? Pertama adalah mandiri, apabila alami gejala atau pernah kontak dengan pasien Corona bisa langsung datang ke wisma atlet atau bisa call center 119, dan bisa juga apabila ada rujukan dari RS RS," ujarnya.

Dia juga memastikan RS darurat Wisma Atlet ini hanya dikhususkan untuk pasien terpapar Corona dengan kategori ringan sampai sedang. Sementara, pasien dengan kategori berat akan dirujuk ke RS khusus penanganan Corona.

"Wisma atlet ini RS ini memang dibangun didirikan untuk menangani kusus yang terkena covid-19 yang kategori tingkat ringan sampai maksimal sedang, bagaiman kondisinya berat? Maka ini akan dirujuk ke RS RS rujukan, apakah RSPI SS atau RS Persahabatan," sebut Eko

Halaman

(maa/tor)