Panggilan Telepon Jokowi ke Ibunda Saat Akan Ambil Keputusan Penting

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 08:48 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan duka cita atas meninggalnya ibunda, Sudjiatmi Notomiharjo
Presiden Jokowi bersama sang ibunda, Sudjiatmi Notomihardjo (Antara Foto)
Solo -

Restu dari sang Ibunda, Sudjiatmi Notomiharjo, berpengaruh besar terhadap perjalanan karir seorang Joko Widodo (Jokowi). Jokowi selalu menyempatkan diri untuk menelepon ibunya setiap akan mengambil keputusan penting.

"Kalau mau memutuskan perkara yang agak berat, itu pasti minta doa restu, pasti itu," ujar Sudjiatmi saat diwawancarai detikcom pada 24 Desember 2018 di Solo, Jawa Tengah.

Sudjiatmi selalu mengingatkan Jokowi untuk memegang teguh ajaran agama Islam. Hal tersebut dilakukan agar Jokowi mempunyai pribadi yang kuat dan tak mudah ditekan oleh berbagai pihak.

"Agama itu harus kuat, pendirianmu kuat," sebutnya.

Sudjiatmi bercerita, saat Jokowi menjadi Presiden Indonesia, anaknya itu hanya berkunjung ke Solo jika ada kepentingan pekerjaan. Namun Jokowi tak pernah absen untuk menelepon sang ibu.

"Kalau ke Solo ya kalau ada kepentingan di Solo aja, tapi kalau telepon sih selalu pasti telepon ibunya," tutur Sudjiatmi.

Sudjiatmi tutup usia pada umur 77 tahun. Dia meninggal dunia pada Rabu (25/3) pukul 16.45 WIB. Ia akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Mundu, Karanganyar, pada Kamis (26/3) pukul 13.00 WIB.

Ibunda Meninggal, Jokowi: Sudah 4 Tahun Mengidap Kanker:

(isa/azr)