'Biasa Saja', Jawaban Khas yang Sama antara Jokowi dan Sang Ibu

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 07:37 WIB
Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo, telah meninggal dunia pada usia 77 tahun. Begini beberapa momen kebersamaan Jokowi dengan almarhumah ibunya.
Presiden Jokowi Bersama Ibundanya, Sudjiatmi Notomihardjo (Dok. detikcom)
Jakarta -

'Biasa saja.'

Dua kata itu sering sekali terdengar diucapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika diwawancara. Dua kata itu pula yang menjadi salah satu kesamaan antara Jokowi dan almarhumah sang ibu, Sudjiatmi Notomihardjo.

Jokowi kerap menjawab 'biasa saja' saat ditanya tentang sejumlah hal, baik topik yang serius maupun yang santai. Salah satu contohnya adalah ketika selesai dilantik menjadi presiden pada 2014.

Kala itu, Jokowi ditanya soal perasaannya ketika menduduki kursi peninggalan Soeharto saat pelantikan. Jawabannya tentu bisa ditebak.

"Biasa saja," kata Jokowi sambil tersenyum pada 20 Oktober 2014.

Lima tahun berlalu, kata-kata 'biasa saja' tetap tidak lepas dari Jokowi. Sesaat sebelum dilantik menjadi presiden periode kedua, Jokowi ditanya soal perasaannya.

"Lima tahun yang lalu kan saya sudah mengalami, jadi sekarang ini ya biasa saja," jawab Jokowi pada 20 Oktober 2019.

Jawaban 'biasa saja' juga diucapkan Jokowi ketika ditanya tentang politik. Salah satu contohnya adalah saat dimintai tanggapan tentang pertemuan NasDem dan PKS pada November 2019.

"Mengenai NasDem bertemu PKS. Ya biasa saja. Partai ketemu partai ya biasa. Tokoh politik ketemu tokoh politik ya biasa," tuturnya kala itu.

Bagaimana dengan topik yang lebih ringan? Jokowi tetap menjawab 'biasa saja'. Misalnya, saat ditanya soal posisi duduknya yang viral ketika mengumumkan nama menteri.

"Biasa saja. Ya itu biasa saja kan," kata Jokowi.

Dari mana Jokowi mendapat jawaban khasnya itu? Dia memang tak pernah mengungkap misteri itu, tapi bisa jadi Jokowi mendapatkannya dari sang ibu.

Mengenal Sudjiatmi, Ibunda Jokowi yang Telah Berpulang:

Selanjutnya
Halaman
1 2