Round-Up

Cerita JK-Puan-Yusuf Mansur Kenang Sosok Mendiang Ibunda Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 06:01 WIB
Foto Almarhumah Sudjiatmi Notomiharjo
Ibunda Presiden Jokowi Sudjiatmi Notomiharjo meninggal dunia. (Foto: Twitter Presiden Jokowi)

Yusuf Mansur: Diberi Banyak Oleh-oleh

Yusuf Mansur punya cerita sendiri bersama perempuan yang dia sapa Eyang Noto.

Yusuf Mansur ingat bagaimana ibunda Presiden Joko Widodo selalu diberikan oleh-oleh yang banyak. Oleh-oleh itu diberikan saat Yusuf Mansur berkunjung ke Solo.

"Saya kalo ke Eyang Noto ya dioleh2in banyak gini.... "Udah. Anaknya banyak," kata Eyang sambil ketawa. Dan saya suka dikasih duit. "Ngapain sih Eyang? Pake gini2an?". Kata Eyang, "Udah. Buat Bontotnya Eyang." cerita Yusuf Mansur dalam postingannya dilihat, Rabu (25/3/2020).



"Sedih sekali. Saya ga bs ke sana. Beneran saya dianggap anak bontot. Beliau suka ngomong kemana2. Bahkan ke Pak @jokowi. Mbak Titik, Bontot asli, berkali2 bilang, "Ustadz Yusuf nih, ngegeser posisi saya," katanya sambil senyum," ungkapnya.

Dianggap sebagai anak bontot atau terakhir, ustaz Yusuf Mansur melihat Sudjiatmi selalu muda meski usianya sudah 77 tahun. Tak jarang nasihat-nasihat penting soal agama diberikan oleh ibunda Jokowi ke Yusuf Mansur.

"Usia 77 Eyang sangat terlihat muda. Bahkan Eyang sering ngingetin saya, banyak puasa, jaga makan, dan olahraga. Pak @Jokowi pernah blg ke saya juga. Kayak Eyang tuh. Puasa, dan olahraga," kenangnya.

Yusuf Mansur mengenal ibunda Jokowi sebagai perempuan yang rajin salat malam. Sudjiatmi juga dikenal rajin salat subuh berjamaah.

"Beliau pun sejak zaman Pak Jokowi muda, bacain 100 Qulhu tiap malam. Sampe Pak Jokowi jd Presiden, ga berenti bacain," bebernya.

Saat mendengarkan cerita Sudjiatmi, Yusuf Mansur melihat ketulusan seorang ibu untuk anak-anaknya. Sudjiatmi adalah ibu yang kuat di balik kesuksesan Presiden Jokowi dan anak-anaknya yang lain.

"Wkt cerita2 itu, saya liat ketulusan. Lg bcr2 gmn amalannya dari seorang ibu? Sampe anak2nya sukses2. Ya di antaranya itu. Eyang sendiri ngingetin saya. Untuk sering2 doain anak. Dan ada amalan atau zikir khusus. "Eyang cuma bisa fatihah dan qulhu, ya itu aja yg Eyang bacain banyak2. Sehari semalam, 100x."," tulis Yusuf Mansur menuruti ucapan ibunda Jokowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7