Ibunda Jokowi Wafat, Mahfud Md Ajak Umat Islam Salat Gaib dari Rumah

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 22:49 WIB
Mahfud Md (Rolando-detikcom)
Menko Polhukam Mahfud Md (Rolando/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md mengungkapkan Presiden Jokowi meminta masyarakat mendoakan ibundanya yang telah wafat, Sudjiatmi Notomihardjo, tanpa perlu datang ke Solo. Mahfud mengajak umat Islam menunaikan salat gaib untuk almarhumah.

"Saya sendiri mengimbau juga, sebaiknya bagi kaum muslimin yang ingin mensalatkan jenazahnya (almarhumah Sudjiatmi) dilakukan dengan salat gaib saja dari rumah. Itu ada ajarannya di dalam Islam," kata Mahfud kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).

Mahfud bercerita sempat berkomunikasi dengan TNI AU dan Polri supaya bisa meminjam pesawat. Tujuannya untuk mengangkut para menteri anggota kabinet ke Solo, untuk melayat ibunda Jokowi. Namun rencana itu urung terlaksana karena imbauan physical distancing atau menjaga jarak fisik di era darurat virus Corona ini. Jokowi meminta masyarakat mendoakan ibundanya dari jarak jauh, tak perlu datang ke Solo.

"Beliau minta agar almarhumah didoakan dari rumah masing-masing saja," kata Mahfud.

Sudjiatmi Notomihardjo wafat pada usia 77 tahun sore hari tadi. Presiden Jokowi langsung berangkat ke Solo. Dia ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi juga mengimbau agar masyarakat menunaikan salat gaib untuk almarhum Sudjiatmi. Fachrul juga mengimbau agar masyarakat nonmuslim berdoa sesuai dengan ajaran masing-masing.

(dnu/hri)