BMKG Prediksi Musim Kemarau 2020 Dimulai April, Puncaknya Agustus

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 21:09 WIB
Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau di Indonesia akan dimulai pada April mendatang. Hal tersebut berdasarkan pemantauan perkembangan musim hujan hingga akhir Februari 2020 menunjukkan hampir seluruh wilayah Indonesia (98 persen) sudah masuk musim hujan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, hingga pertengahan Maret 2020, pantauan terhadap anomali iklim global di dua samudra, yaitu Samudra Pasifik Ekuator dan Samudra Hindia, menunjukkan tidak terdapat indikasi akan munculnya anomali iklim El Nino/La Nina dan Dipole Mode (Indian Ocean Dipole Mode). Indeks ENSO (El Nino-Southern Oscillation) menunjukkan wilayah Pasifik tengah dalam kondisi netral (indeks Nino 3.4 = 0.41). BMKG juga menyebut IOD dalam kondisi netral (indeks DM = -0.29).

"Kondisi ENSO Netral diprediksi bertahan hingga Agustus 2020. Terdapat peluang meskipun kecil (

Menurutnya, ENSO dan IOD ini akan selalu dievaluasi setiap bulan. Dwikorita mengatakan datangnya musim kemarau berkaitan dengan peralihan angin barat (Monsun Asia) menjadi angin timuran (Monsun Australia). Peralihan angin itu diprediksi akan terjadi di wilayah Nusa Tenggara dan Bali pada April 2020. Setelah itu dilanjutkan di Kalimantan dan Sulawesi pada Mei 2020.

"Dan akhirnya Monsun Australia sepenuhnya dominan di wilayah Indonesia pada bulan Juni hingga Agustus 2020. Dari total 342 Zona Musim (ZOM) di Indonesia, sebanyak 17,0 persen diprediksi akan mengawali musim kemarau pada April 2020, yaitu di sebagian kecil wilayah Nusa Tenggara, Bali, dan Jawa," ucapnya.

"Sebanyak 38,3 persen wilayah akan memasuki musim kemarau pada Mei 2020, meliputi sebagian Bali, Jawa, Sumatera, dan sebagian Sulawesi. Sementara itu, 27,5 persen di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua akan masuk awal musim kemarau di bulan Juni 2020," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2