Kepala BNPB: Tenaga Medis di Garda Terdepan Hadapi Corona, Mereka Pahlawan

Sachril Agustin B - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 20:20 WIB
Virus corona: Meninggal sendirian adalah hal yang buruk, kisah perawat yang menangani pasien Covid-19 di rumah sakit Italia
Ilustrasi (Foto: dok. BBC World)
Jakarta -

Indonesia masih menangani wabah virus Corona (COVID-19). Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo menyebut tenaga medis adalah garda terdepan dalam menangani pandemi Corona.

Dia menjelaskan pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam menangani wabah COVID-19 ini. Peran serta masyarakat dan relawan dibutuhkan ketika menghadapi virus ini.

Doni mengungkapkan tenaga medis, seperti dokter, perawat, hingga sopir ambulans, adalah pahlawan. Dia pun ingin agar orang-orang dengan profesi tersebut diprioritaskan dalam anggaran untuk penyelenggaraan upaya pencegahan.

"Mereka ini adalah garda terdepan kita hari ini, sebagai prajurit yang menghadapi virus. Mereka adalah orang terdepan, merekalah pahlawan-pahlawan kemanusiaan yang harus kita dukung, yang harus kita bantu setiap hari, setiap saat. Agar mereka, termasuk juga keluarganya, mendapatkan dukungan moril dari kita semua," kata Doni dalam keterangannya, Rabu (25/3/2020).

Doni ingin tenaga medis tidak bekerja sendiri dalam menangani virus Corona ini. Dia berharap para akademisi, lembaga usaha, TNI, Polri, masyarakat, dan media massa juga bekerja sama dengan pemerintah dalam menangani pandemi Corona ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2