Profil Sudjiatmi Notomiharjo, Ibunda Jokowi yang Meninggal Dunia

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 18:57 WIB
Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo, telah meninggal dunia pada usia 77 tahun. Begini beberapa momen kebersamaan Jokowi dengan almarhumah ibunya.
Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah. Ia tutup usia pada umur 77 tahun.

Sudjiatmi lahir pada 15 Februari 1943 di Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Ayah Sudjiatmi bernama Wirorejo dan ibunya bernama Sani.

Sudjiatmi adalah anak perempuan satu-satunya dari tiga bersaudara. Meski begitu, orang tua Sudjiatmi tetap menyekolahkannya.

Kala itu, Sudjiatmi merupakan satu-satunya murid perempuan. Pelajaran kesukaannya adalah pelajaran berhitung.

Ketika remaja, Sudjiatmi bertemu dengan seorang pria yang kelak menjadi suaminya, Widjiatno. Widjiatno merupakan teman kakak kandung Sudjiatmi, Mulyono.

Saat itu usia Sudjiatmi dan Widjiatno terpaut 3 tahun. Ketika dewasa, Widjiatno mengubah namanya menjadi Notomiharjo.

Sudjiatmi dan Notomiharjo menikah pada 23 Agustus 1959. Kala itu Sudjiatmi berumur 16 tahun, sedangkan Notomiharjo berumur 19 tahun.

Ketika dewasa, Sudjiatmi membantu suaminya berjualan kayu. Dari pasangan itu, lahir empat orang anak, yakni Jokowi, 55 tahun, Iit Sriyantini (52), Idayati (50), dan Titik (48).

Diberitakan sebelumnya, Sudjiatmi Notomiharjo meninggal dunia di RST Slamet Riyadi Solo, sore ini. Rombongan Jokowi kini telah tiba di rumah sakit.

(isa/tor)