Tinjau Progres RS Corona di Kepri, Panglima TNI: Senin Efektif Beroperasi

Agus Siswanto Siagian - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 14:25 WIB
Panglima TNI, Kapolri, dan Menteri PUPR meninjau progres pembangunan RS khusus penanganan pasien Corona di Pulau Galang, Kepri (Agus Siagian/detikcom)
Foto: Panglima TNI, Kapolri, dan Menteri PUPR meninjau progres pembangunan RS khusus penanganan pasien Corona di Pulau Galang, Kepri (Agus Siagian/detikcom)
Batam -

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau progres pembangunan rumah sakit (RS) khusus penyakit menular yang akan digunakan untuk menangani pasien virus Corona (COVID-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Dia mengatakan pekan depan RS ini sudah bisa beroperasi.

"Kesiapan sekarang sudah 78 persen. Tiga hari lagi, rumah sakit ini sudah siap, namun kita perlu melatih tenaga medis agar bisa mengoperasikan rumah sakit ini sehingga efektif hari Senin rumah sakit ini sudah bisa dioperasikan. Itu harapan kita semua," kata Hadi di Pulau Galang, Rabu (25/3/2020).

Hadi meninjau bersama Kapolri Jenderal Idham Azis dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Selain itu tampak pula Kapolda Kepri Irjen Andap Budi Revianto, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Sabrar Fadilah, dan Danrem 033 Wira Tama Brigjen Gabriel Leman. Mereka sempat meninjau bangunan-bangunan yang sedang dibangun.

Tinjau Progres RS Corona di Kepri, Panglima TNI: Senin Efektif BeroperasiFoto: Panglima TNI, Kapolri, dan Menteri PUPR meninjau progres pembangunan RS khusus penanganan pasien Corona di Pulau Galang, Kepri (Agus Siagian/detikcom)

"Kita semua lihat ada beberapa fasilitas di sini, di antaranya tempat observasi, isolasi, termasuk pendukung tenaga medis, dan sarana lain, di antaranya ruang farmasi, radiologi, gizi, termasuk laundry ada di sini," bebernya.

Dia mengatakan pembangunan terus dilakukan. Sementara barang-barang pendukung kebutuhan medis akan mulai dikirimkan Kamis (26/3) besok dari Jakarta menggunakan pesawat Hercules.

"Saat ini untuk ruang observasi sudah siap 340 tempat tidur. Dan untuk ruang isolasi sudah siap 20 tempat tidur. Tentunya ruang isolasi ini beda. Karena isolasi ini ICU sehingga dilengkapi dengan pertama tekanan negatif untuk ruangannya, AC standar HEPA, oksigen ada di dalam, dan kamar mandi ada di dalam," kata dia.

RS Darurat Wisma Atlet Dibuat untuk Kurangi Beban RS Rujukan Corona:

(jbr/isa)