Cegah Corona, 5 Calon Pengantin di Musi Banyuasin Tunda Resepsi Nikah

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 13:07 WIB
Foto: Para calon pengantin saat dipanggil ke kantor camat dan sepakat menunda resepsi pernikahan
Foto: Foto: Para calon pengantin saat dipanggil ke kantor camat dan sepakat menunda resepsi pernikahan (Raja Adil-detik)
Palembang -

Lima pasang calon pengantin di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, telah sepakat menunda resepsi pernikahan yang bakal digelar pekan ini. Penundaan resepsi dilakukan mencegah sebaran virus Corona.

Penundaan resepsi pernikahan pertama ini terjadi setelah ada negosiasi antara Pemda dan keluarga kedua calon pengantin. Meski awalnya ditolak, keluarga akhirnya sepakat.

"Awalnya aku dan keluarga sangat kecewa karena persiapan resepsi sudah 90 persen. Tetapi tadi mendengar penjelasan Camat Bayung Lencir, Danramil, dan Kapolsek kami merasa pantas untuk menunda kegiatan acara itu karena demi kesehatan juga," ucap seorang warga Tampang Baru, Ali, Rabu (25/3/2020).

Penundaan sendiri, kata Ali, setelah adanya kesepakatan dan melihat situasi virus yang tengah menyebar. Ia khawatir nanti banyak tamu yang datang dan berdampak sebaran semakin meluas.

"Memang sekarang belum ada, tetapi kami khawatir juga. Akhirnya sepakat ini ditunda resepsi, tapi kalau akad tetap dilaksanakan minggu ini," katanya.

Sementara Camat Bayung Lincir, Akhmad Toyibir menyebut pihaknya terus menyisir hingga ke pedesaan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan bahaya ancaman virus COVID-19. Salah satunya adalah untuk menunda sementara pelaksanaan hajatan.

"Alhamdulillah hari ini para penyelenggara hajatan bisa sepakat dan dapat menunda rencana kegiatan pesta keluarga. Tentu ya sosialisasi dan edukasi ini akan terus kami lakukan ke lapangan," katanya.

Toyibir menambahkan, pihak Kecamatan Bayung Lencir tidak turun sendiri. Namun, dibantu jajaran Danramil dan Kapolsek di Bayung Lencir. Termasuk tim kesehatan dari Puskesmas setempat.

"Semoga wabah virus COVID-19 ini segera berlalu dan aktifitas warga dapat kembali berjalan normal," katanya.

Simak juga video Pandemi Corona, Pawai Ogoh-ogoh di Baubau Dibatalkan:

Selanjutnya
Halaman
1 2