Tak Hanya Corona, Legislator PKB Minta Pemerintah Waspadai Wabah DBD

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 17:09 WIB
ilustrasi demam berdarah
Ilustrasi demam berdarah dengue (DBD). (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Pemerintah diminta tidak hanya fokus mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Marwan Jafar meminta pemerintah juga mengantisipasi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) dan TBC.

"Karena wilayah kita kategori tropis, maka penyakit ini (DBD) rentan mewabah di masyarakat hampir tiap tahun. Bahkan di beberapa daerah sudah menyatakan darurat," kata Marwan kepada wartawan, Selasa (24/3/2020).

Marwan menegaskan pemerintah juga harus mengantisipasi penyebaran DBD dan TBC secara komprehensif. Anggota Komisi VI DPR itu mengingatkan DBD dan TBC merupakan penyakit menular yang mematikan.

"Pemerintah kita dorong terus lakukan upaya pencegahan berbagai pandemi secara komprehensif demi keselamatan seluruh rakyat," jelasnya.

Sama seperti Corona, DBD juga memiliki gejala flu dan demam. Apabila DBD sudah sangat parah, penyakit ini memiliki resiko kematian yang sangat tinggi.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta masyarakat agar kembali melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk. Ma'ruf menyebut, gerakan tersebut dilakukan dengan gerakan 3M yaitu, menutup, menguras dan mengubur.

"Antara lain dengan gerakan 3 M, menguras tempat tempat air, menutup tempat penampungan air, kemudian mengubur barang bekas. Termasuk juga kemungkinan adanya sarang-sarang nyamuk dimana-mana, kemudian juga membangun hidup bersih," ujar Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/3).

(zak/fjp)