Ustaz Das'ad Latif Berbagi Tips Cegah Virus Corona

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 15:21 WIB
Video ceramah Ustaz Dasad Latif yang berjudul Panitia Hari Kiamat menjadi viral di media sosial. Sang ustaz diketahui berasal dari Sulawesi Selatan.
Foto: dok. Pribadi/Ustaz Das'ad Latif Berbagi Tips Cegah Virus Corona
Jakarta -

Saat ini, upaya paling efektif mengatasi COVID-19 adalah pencegahan supaya tubuh tidak terinfeksi. Pencegahan juga diperlukan untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Ustaz Das'ad Latif pun berbagi tips agar terhindar dari virus corona. Dia mengingatkan semua orang melakukan upaya pencegahan yang terbukti efektif, mudah, dan sederhana.

"Ini ilmu yang saya dapatkan dari badan kesehatan dunia WHO. Urusan ini memang bersifat medis, tapi ini wujud kecintaan saya terhadap seluruh rakyat Indonesia supaya tidak tertular penyakit. Saya cinta seluruhnya tanpa memandang suku, agama, ras, dan antar golongan demi kemaslahatan manusia pada umumnya," kata Ustaz Das'ad Latif dalam video yang dikirimkan ke detikcom, Selasa (24/3/2020).

Tips pencegahan virus corona dari Ustaz Das'ad Latif yang bersumber dari WHO:

1. Cuci tangan

Ustaz mengingatkan cuci tangan teratur dengan sabun dan air mengalir sehingga selalu bersih. Saat cuci tangan semua aksesori dan perhiasan harus dilepas, sehingga sabun dan air bisa mengenai seluruh permukaan tangan hingga ujung kuku.

2. Tidak sembarangan memegang mulut, mata, dan hidung

Mulut, mata, dan hidung tidak boleh sembarangan dipegang apalagi saat tangan kotor. Tangan harus dicuci bersih dulu sebelum menyentuh ketiga bagian tersebut. Artinya, bahkan untuk ngupil pun tidak bisa lagi sembarangan supaya tidak terinfeksi COVID-19.

3. Pakai masker

Ustaz Das'ad Latif mengingatkan jangan enggan menggunakan masker ketika harus berada di luar rumah. Sebaiknya gunakan masker berlapis demi perlindungan yang lebih baik. Tentunya, masker tidak bisa digunakan saat ceramah karena suaranya tidak terdengar.

4. Jaga jarak

Saat terpaksa berada di kerumunan, Ustaz Das'ad Latif mengingatkan supaya tetap menjaga jarak. Sesuai anjuran WHO, radius yang dianjurkan adalah satu meter. Jarak yang semakin jauh menekan risiko penularan COVID-19 terhadap orang-orang sekitar.

5. Tinggal di rumah

Tetap tinggal dan berdiam diri di rumah menjadi wujud kecintaan terhadap diri dan keluarga. Selain memerangi virus corona, tinggal di rumah menjadi momen mengakrabkan diri dengan keluarga.

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sistem imun yang baik memungkinkan tubuh menghalau serangan patogen termasuk virus corona. Meningkatkan daya imun bisa dilakukan dengan minum vitamin, tidak asal makan, mengkonsumsi asupan yang sehat dan bergizi.

7. Jangan begadang

Bagi orang muda yang terbiasa kumpul atau online hingga dini hari, Ustaz mengingatkan jangan begadang. Kurang tidur berisiko menurunkan daya tahan tubuh, yang berdampak pada mudahnya terinfeksi virus dan bakteri. Tidak begadang menjadi wujud kecintaan pada diri, keluarga, dan lingkungan sekitar menghadapi virus corona.

(row/erd)