1 dari 3 WNI Positif Corona di Brunei Terdeteksi Datang dari Surabaya

Herianto Batubara - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 15:03 WIB
ilustrasi corona
Foto ilustrasi Corona
Jakarta -

Tiga orang warga negara Indonesia (WNI) di Brunei Darussalam positif terjangkit virus Corona (COVID-19). Salah seorang WNI yang terjangkit virus ini baru datang dari Surabaya.

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Sujatmiko menyebutkan satu orang WNI yang positif virus Corona adalah istri dari WN Brunei. Suami sang WNI ini beberapa hari sebelumnya telah dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

"Satu orang lagi dinyatakan positif adalah seorang amah atau asisten rumah tangga yang bekerja dengan seorang majikan Brunei yang telah dinyatakan positif," kata Sujatmiko dalam keterangan yang disampaikan lewat akun media sosial resmi KBRI Bandar Seri Begawan, Selasa (24/3/2020).

"Dan satu orang lagi baru datang dari Surabaya pada hari Minggu kemarin," sambungnya.

Ketiga WNI tersebut saat ini sedang dirawat di National Isolation Centre atau Pusat Pengasingan Kebangsaan di Tutong. Semuanya berada dalam kondisi baik dan stabil.

Kementerian Kesehatan Brunei Darussalam sebelumnya mengumumkan penderita yang positif terpapar COVID-19 meningkat menjadi 91 orang, termasuk tiga orang WNI tersebut di atas. Sujatmiko berharap seluruh pasien baik yang di Brunei maupun di Indonesia segera sembuh.

"Mudah-mudahan Tuhan memberikan obat yang canggih untuk dapat sembuh kembali," ucapnya.

Meski di Brunei Darussalam ada tiga orang WNI yang positif Corona, Sujatmiko berharap para WNI lainnya tetap tenang. Dia juga meminta seluruhnya tetap melakukan social distancing dan makan makanan 4 sehat 5 sempurna.

"Dan tidak lupa terus berdoa, berzikir mudah-mudahan Allah SWT senantiasa menjauhkan kita semua dari penyebaran virus ini," ucapnya.

Sujatmiko meminta semua WNI di Brunei mempercayakan kepada otoritas Brunei menangani wabah Corona ini secara profesional. Selain itu dia juga mengimbau siapapun WNI di Brunei yang merasa ada tanda-tanda terpapar virus Corona untuk segera melapor ke nomor health advice line COVID-19 Kementerian Kesehatan Brunei Darussalam di 148. Jika memerlukan bantuan, KBRI Bandar Seri Begawan dapat dihubungi melalui nomor hotline +673 710 9542 atau +673 233 0180.

(hri/dhn)