Cegah Corona, Gubernur Sumbar Minta Perantau Tak Pulang Kampung

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 13:50 WIB
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno/Foto: Mardi Rahmat/20 detik
Padang -

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengeluarkan surat edaran terkait penyebaran virus Corona (Covid-19). Lewat edaran itu, Pemprov Sumbar meminta warganya di daerah lain tak pulang ke kampung halaman untuk sementara waktu.

"Diimbau kepada seluruh Ketua Organisasi Masyarakat Minangkabau, tokoh masyarakat dan para perantau Sumatera Barat di mana pun berada kiranya dapat mempertimbangkan untuk sementara tidak pulang kampung ke Sumatera Barat," kata Irwan dalam edarannya, Selasa (24/3/2020).

Edaran bernomor 050/078/BKPdR/III-2020 ditandatangani Irwan pada Selasa (24/3). Edaran tersebut merupakan tindak lanjut dari imbauan MUI Sumbar yang sebelumnya juga meminta warga Sumbar menunda niat pulang kampung.

"Imbauan ini bersifat sementara, sampai kondisi sudah dinyatakan kondusif oleh pemerintah," lanjut Irwan dalam edaran itu.

Dia memastikan hingga kini belum ditemukan pasien positif Covid-19 di Sumbar. Dia berharap tak ada warganya yang terjangkit virus tersebut.

"Tujuan mendukung Imbauan Ketua MUI ini adalah untuk memutus kemungkinan penyebaran Covid-19 ke Sumatera Barat yang alhamdulillah sampai saat ini masih negatif, dan kita berharap dan berdoa semoga tidak ada kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat," ucapnya.

(abw/zlf)