Pernyataan Lengkap Gugus Tugas Covid-19 soal Rapid Test untuk Tenaga Medis

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 13:34 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo (dok. BNPB)
Kepala BNPB Doni Monardo (Foto: dok BNPB)
Jakarta -

Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan arahan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para gubernur seluruh Indonesia. Doni sekaligus sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19) meminta para gubernur untuk benar-benar satu visi dengan pemerintah pusat.

"Bahwa seluruh gubernur mendukung keputusan pemerintah dalam mengambil kebijakan yaitu social distancing yang oleh Bapak Presiden hari ini diterjemahkan menjadi physical distancing," kata Doni saat jumpa pers melalui siaran resmi Biro Pers Presiden, Selasa (24/3/2020).

Doni meminta agar instruksi dari pemerintah pusat dapat diterima secara jelas hingga tingkat terendah dalam hierarki administrasi yaitu desa atau kelurahan. Sejumlah hal teknis seperti produksi alat pelindung diri atau APD bagi para tenaga medis juga sempat disinggung Doni.

"Sampai dengan hari ini Gugus Tugas telah menyalurkan sebanyak 105 ribu potong alat pelindung diri ke sejumlah provinsi, khususnya provinsi-provinsi yang ada di Pulau Jawa mengingat Pulau Jawa menjadi daerah yang paling banyak terpapar, khususnya di Jakarta. Kemudian rencananya, mudah-mudahan tidak ada hambatan, besok pagi dini hari akan tiba lagi sebanyak 70 ribu unit APD," kata Doni.

"Dan ini semuanya adalah produksi lokal, produksi dalam negeri, yang mana selama ini sebagian dari industri tekstil kita mengekspor ke sejumlah negara tetapi Bapak Presiden telah menegaskan seluruh industri tekstil harus memprioritaskan kebutuhan domestik dulu," imbuhnya.

Berikut pernyataan lengkap Doni Monardo:

Jokowi ke Menkes: Tetapkan Jaminan Kesehatan Pasien Corona: