Kepala BNPB: Ada RS Belum Dapat APD Padahal Sudah Didistribusi ke Pemprov

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 13:14 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo (dok. BNPB)
Foto: Kepala BNPB Doni Monardo (dok. BNPB)
Jakarta -

Kepala BNPB yang juga merupakan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengatakan saat ini pihaknya sudah menyalurkan 105 ribu alat pelindung diri (APD) ke seluruh daerah di Indonesia. Doni mengimbau agar seluruh kepala daerah bergerak cepat mendistribusikan APD ini ke seluruh rumah sakit.

"Sampai dengan hari ini Gugus Tugas telah menyalurkan sebanyak 105 ribu potong alat pelindung diri ke sejumlah provinsi, khususnya provinsi-provinsi yang ada di Pulau Jawa, mengingat Pulau Jawa menjadi paling banyak terpapar khususnya di Jakarta," ujar Doni di Kantornya, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Doni mengatakan ada temuan pihaknya di lapangan bahwa beberapa rumah sakit di daerah belum mendapat APD, padahal pemprov sudah menerima bantuan dari pusat. Oleh karena itu, Doni mengimbau agar seluruh kepala daerah sigap mendistribusikan APD ke rumah sakit di daerahnya.

"Jadi mohon kepada Bapak Gubernur untuk bisa kerjasama pada Pangdam dan Kapolda supaya apabila barang ini tiba sesegera mungkin didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit yang memerlukan, karena pengalaman mulai kemarin sampai dini hari tadi ternyata masih ada rumah sakit yang belum dapat APD, padahal provinsinya telah didistribusikan," jelas Doni.

Selain itu, Doni juga mengatakan besok (25/3) pihaknya akan kembali mengirim APD ke daerah. Setidaknya ada 70 ribu unit APD yang siap didistribusikan ke daerah.

"Rencananya mudah-mudahan tidak ada hambatan, besok pagi dini hari akan tiba lagi sebanyak 70 ribu unit APD dan ini adalah produksi lokal dan produksi dalam negeri," kata Doni.

Dear Kepala Daerah, Ini Instruksi Jokowi untuk Penanganan Corona:

(zap/fjp)