RS Darurat Corona Wisma Atlet Rawat 71 Orang, 2 Dirujuk ke RSPAD

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 13:04 WIB
Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). Pemerintah menyiapkan 2.500 kamar tidur di tower enam dan tujuh Wisma Atlet yang digunakan sebagai RS Darurat Covid-19 untuk penanganan pasien Covid-19. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengungkapkan ada 71 orang dirawat di RS Darurat Corona Wisma Atlet. 2 orang dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto karena kondisinya kurang baik.

"Kami laporkan, sampai dengan jam 11.00, tentang Wisma Atlet. Terdapat 102 orang pasien yang mendaftar, mulai kemarin sore. Kemudian yang dirawat sebanyak 71 orang dan 2 dijadwalkan dikirim ke RSPAD karena kondisinya kurang begitu baik," kata Doni dalam siarannya, Selasa (24/3/2020).

Dari 102 yang mendaftar, sebanyak 31 orang dipulangkan. Kesehatan mereka dalam kondisi baik.

"Kemudian yang dipulangkan sebanyak 31 orang, menurut data yang berhasil yang dikumpulkan petugas medis, mereka dalam kondisi sehat walafiat," ujar Doni.

Sebelumnya diberitakan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyuplai perlengkapan di rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran dalam penanganan COVID-19. Persiapan RS Darurat ini dilaksanakan dalam tempo yang cukup singkat.

"Kami kemarin diminta kerjakan sangat cepat, Wisma Atlet diubah jadi rumah sakit dan itu dikerjakan selama 4 hari, baik itu pekerjaan fisik bagaimana mengubah sebuah wisma yang tadinya untuk tempat tinggal atlet diubah jadi rumah sakit, dibuat ICU, dibuat ruang darurat, berapa lantai kami jadikan tempat untuk total punya tekanan negatif sehingga virus-virus tidak bisa masuk ke dalam," jelas Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga dalam konferensi pers yang disiarkan live di YouTube BUMN, Jakarta, Selasa (24/3).

Sederet Fakta soal Wisma Atlet yang Dijadikan RS Darurat Corona:

(rfs/zlf)