BUMN Siapkan Perlengkapan RS Darurat Wisma Atlet dalam Waktu 4 Hari

Mei Amelia R - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 10:29 WIB
Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur untuk penangan Corona atau COVID-19. Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, akan dijadikan rumah sakit darurat dan rumah isolasi pasien.
Wisma Atlet Kemayoran (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyuplai perlengkapan di rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran dalam penanganan COVID-19. Persiapan RS Darurat ini dilaksanakan dalam tempo yang cukup singkat.

"Kami kemarin diminta kerjakan sangat cepat, Wisma Atlet diubah jadi rumah sakit dan itu dikerjakan selama 4 hari, baik itu pekerjaan fisik bagaimana mengubah sebuah wisma yang tadinya untuk tempat tinggal atlet diubah jadi rumah sakit, dibuat ICU, dibuat ruang darurat, berapa lantai kami jadikan tempat untuk total punya tekanan negatif sehingga virus-virus tidak bisa masuk ke dalam," jelas Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga dalam konferensi pers yang disiarkan live di YouTube BUMN, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Begitu juga perlengkapan hingga alat-alat kesehatan, disiapkan dalam tempo selama 4 hari.

"Jadi semua bersatu mengerjakannya sehingga rumah sakit selesai 4 hari, demikian juga alat kesehatan. Kami semua mulai dari alat labnya, tes lab, PCR, tes paru-paru, tes darah, semua dilengkapi baik-baik tempat ICU, oksigen, dan sebagainya benar-benar layak sebagai rumah sakit," imbuhnya.

Hotel Indonesia yang merupakan perusahaan perhotelan milik BUMN juga men-support keperluan amenities di rumah sakit darurat ini.

"Karena kita tahu yang namanya rumah sakit harus ada amenities-nya, seperti penggantian kasur, selimut, dan sebagainya dari hal-hal kecil lainnya ditangani oleh BUMN kita, Hotel Indonesia (HIN), ini yang menangani mereka semua," katanya.

Dua Decacorn Indonesia Perangi Corona Lewat Layanan Telemedicine:

Selanjutnya
Halaman
1 2