3 Pelaku Begal Mobil di OKU Timur Ditangkap, Dalangnya Ditembak Mati

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 10:28 WIB
3 Pelaku Begal Mobil di OKU Timur Ditangkap, Dalangnya Ditembak Mati (dok. Istimewa)
Foto: 3 Pelaku Begal Mobil di OKU Timur Ditangkap, Dalangnya Ditembak Mati (dok. Istimewa)
Palembang -

Polisi menangkap seorang pelaku begal mobil yang menggunakan senjata api di Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Pelaku pun terpaksa ditembak mati karena menembak polisi.

"Seorang pelaku perampokan berinisial KI (45) telah kami tangkap. Pelaku ditangkap kemarin malam di Air Pao, Baturaja Timur," kata Kapolres OKU Timur, AKBP Erlintang Jaya, Selasa (24/3/2020).

Dikatakan Erlin, KI adalah otak pelaku dan dalang di balik perampokan pemilik rental mobil pada Minggu (23/2) lalu. Bahkan KI lah yang merencanakan untuk mengeksekusi korban.

"KI merencanakan semua perampasan mobil dari sopir rental. Dia rapatkan di tempat dia di daerah Bantan dan ke mana-mana selalu bawa senjata api rakitan," kata Erlin.

Dalam peristiwa perampokan itu, pemilik mobil bernama Suyono berhasil kabur. Meskipun kepala, pipi dan keningnya bocor dipukul 2 dari 5 pelaku yang beraksi saat itu.

"Pelaku ada 5 orang. Ada 3 yang sudah kita tangkap, 1 meninggal, dan satu masih DPO. Korban ini sempat diajak minum miras dan pakai sabu sebelum mobilnya dirental, tapi korban tidak mau," kata Erlin.

Dalam kondisi sadar itulah, korban dapat kabur menyelamatkan diri saat dikeroyok para pelaku. Namun satu unit mobil minibus digasak pelaku.

"Mobil ini KI suruh antar temannya sama seseorang di Baturaja. Ini masih kita selidiki karena mobil kecelakaan di jalan, masuk parit," kata mantan Kasubdit III Jatanras tersebut.

Pelaku KI terpaksa ditindak tegas karena menyerang polisi saat ditangkap. Bahkan dia melepaskan tembakan 3 kali hingga akhirnya dilumpuhkan dan tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

(ras/jbr)