ADVERTISEMENT

Round-Up

Physical Distancing Lebih Cocok Dibanding Social Distancing

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 08:59 WIB
social distancing
Foto: Ilustrasi social distancing (shutterstock)
Jakarta -

Selama wabah virus Corona masih menghantui, masyarakat diimbau untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak dari kerumunan. Namun, kini anjuran yang lebih cocok diterapkan agar terhindar dari COVID-19 ialah physical distancing. Apa itu physical distancing?

Sebagaimana diketahui, semenjak wabah Corona ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi, seluruh negara terdampak menerapkan aturan ketat. Salah satunya yakni aturan soal social distancing atau usaha untuk menjaga jarak dari kerumunan. Misalnya, membatalkan sejumlah acara seperti pesta hingga rapat.


Kendati demikian, dalam laman resminya, WHO memakai istilah physical distancing. Physical distancing artinya ialah menjaga jarak fisik antar manusia, sehingga yang dihindari bukan kerumunan saja.

"Tindakan jaga jarak fisik (physical distancing) - seperti membatalkan acara olahraga, konser dan pertemuan besar lainnya - dapat membantu memperlambat penularan virus," tulis WHO dalam laman resminya, 18 Maret 2020.

WHO menyebut sudah banyak negara yang mengikuti anjuran ini. Beberapa negara bahkan memakai anjuran ini sebagai solusi untuk atasi virus Corona.

"Banyak negara mendengarkan seruan kami dan menemukan solusi untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk mengimplementasikan paket lengkap tindakan yang telah mengubah gelombang di beberapa negara," lanjut WHO.


Anjuran WHO ini pun diikuti Indonesia. Indonesia juga mengubah istilah social distancing menjadi physical distancing.

"Dalam pencegahan di masyarakat, selain menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, penerapan social distancing saat ini yang terbaru dari WHO adalah physical distancing," kata anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adiasasmito, dalam konferensi pers BNPB yang ditayangkan di YouTube, Minggu (22/3/2020).

Corona Merebak, Layanan Transportasi Gojek-Grab Sepi Orderan:


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT