Round-Up

Coba-coba Sistem KRL di Tengah Wabah Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 08:19 WIB
KRL Commuter Line
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan penyesuaian kegiatan operasional KRL mulai 23 Maret 2020 demi mencegah penyebaran virus Corona. Namun, kebijakan itu akhirnya dicabut karena penumpang justru menumpuk dan berdempetan.

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, dalam keterangannya, Minggu (22/3/2020), menyatakan mereka telah melakukan beragam upaya untuk mencegah penyebaran Corona di KRL, seperti penyemprotan disinfektan. Jam operasional seluruh lintas/rute KRL pun diubah mulai pukul 06.00 WIB-20.00 WIB.

PT KCI tetap mengoperasikan 713 perjalanan KRL. Namun, headway atau jarak antar kereta untuk lintas Bogor/Depok-Jakarta Kota PP dan Bogor/Depok/Nambo-Angke/Jatinegara PP pada pagi dan sore hari adalah 10-15 menit, sementara untuk lintas lain adalah 15-30 menit.

Kebijakan itu pun tak berjalan mulus. Pada Senin (23/3/2020) pagi, penumpang KRL justru menumpuk di sejumlah stasiun karena adanya pembatasan jadwal kereta tersebut. Alih-alih social distancing, penumpang justru berdesakan di dalam gerbong KRL dan saat akan memasuki kereta.

Dibatasi, Penumpang KRL Malah Menumpuk

Selanjutnya
Halaman
1 2