PLN Raih 7 Penghargaan di Ajang Indonesia Green Awards 2020

Inkana Putri - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 22:04 WIB
PLN
Foto: PLN
Jakarta -

PLN kembali mengukir prestasi di ranah Corporate Social Responsibility (CSR) melalui ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2020 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR. PLN mendapat 7 penghargaan untuk kategori Rekayasa Teknologi dalam menghemat energi/Penggunaan EBT, kategori Pengembangan Keanekaragaman Hayati, dan kategori Pengembangan Pengelolaan Terpadu.

Chairman The La Tofi School of CSR, La Tofi mengatakan IGA merupakan penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas.

"Lebih dari 100 program yang terdaftar dalam Indonesia Green Awards tahun ini, luar biasa animo dari perusahaan. Yang membahagiakan adalah semakin meningkatnya jumlah program keanekaragaman hayati," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/3/2020).

Penghargaan IGA 2020 diserahkan langsung oleh La Tofi kepada Vice President CSR PLN, Ida Zubaidah, pada Rabu (18/3/2020) di Ballroom Aryaduta Jakarta. LA Tofi menambahkan program CSR dinilai berdasarkan proses kolaboratif.

"Dalam penghargaan ini, program CSR dinilai berdasarkan suatu proses yang kolaboratif namun membawa cerita perubahan. Sehingga para pemangku kepentingan mengetahui persis bagaimana dampak sebelum dan sesudah program dijalankan" jelasnya.

Salah satu program PLN yang dinobatkan menjadi The Best Program pada IGA 2020 adalah "Transformasi FABA Menjadi Rumah Layak Huni Masyarakat" yang dikembangkan oleh salah satu unit PLN, yaitu PLN Unit Induk Pembangunan Tanjung Jati B (UIK TJB) di Jepara.

PLN mengembangkan inovasi teknologi dalam penanganan sampah B3, Fly Ash dan Bottom Ash menjadi batako. Berbekal izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam pemanfaatan FABA pada Agustus 2019, PLTU Tanjung Jati B memanfaatkan FABA menjadi batako, paving dan beton pracetak yang digunakan untuk pembangunan rumah warga tidak mampu di sekitar pembangkit mulai September 2019.

Dalam sekali bedah rumah tipe 42, diperlukan sekitar 1.600 buah batako. Hingga saat ini, PLN TJB telah berhasil memanfaatkan sekitar 56 ton FABA dari 5 rumah yang direnovasi. Semangat ini diharapkan bisa menjadi pemacu untuk pemanfaatan yang lebih luas lagi.

Zubaidah menjelaskan bahwa pemanfaatan FABA bisa menjadi material pengganti bahan baku alam seperti pasir dan tanah. Sehingga diharapkan mampu menyelamatkan jutaan ton pasir dan tanah untuk tetap berada di lokasinya dan mengurangi aktivitas penambangan galian.

"Dimulai dari satu gagasan rumah FABA sederhana di Jepara, marilah kita lanjutkan dengan cerita perubahan tentang pengelolaan lingkungan di Indonesia. Dari Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) menjadi Bahan Berguna bagi Bangsa," katanya.

Adapun rincian penghargaan yang diterima PLN antara lain sebagai berikut:

I. Kategori Rekayasa Teknologi dalam Menghemat Energi/ Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan

1. Program Terik Surya Bangkitkan Secercah Harapan Pulau Garam dari PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur

II. Kategori Pengembangan Keanekaragaman Hayati

2. Program Pelestarian Penyu Sisik sebagai Satwa Endemik Bangka Belitung dari PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung

3. Program Konservasi Penyu di Nagari Ampiang Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat dari PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat

4. Program Konservasi In Situ Bekantan Kahau (Nasalis Larvatus) PLTU Asam-Asam dari PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Kalimantan

III. Kategori Pengembangan Pengelolaan Terpadu

5. Program Transformasi FABA menjadi Rumah Layak Huni Masyarakat dari PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B

6. Program Dahulu Terbuang Sekarang Peluang dari PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan

7. Program Inisiasi Bank Sampah di Aceh dari PLN Unit Induk Wilayah Aceh.

IGA 2020 merupakan gelaran ke-11. Sebelumnya PLN meraih 9 penghargaan di IGA 2019, 8 penghargaan di IGA 2018, 5 penghargaan di IGA 2017, 5 penghargaan di IGA 2016 dan beberapa penghargaan di IGA 2014 dan 2015.

"Raihan penghargaan ini menjadi bukti bahwa PLN terus menjaga lingkungan dengan inovasi-inovasi pada program CSR yang kolaboratif dengan lingkungan hidup," ungkap Zubaidah.

(akn/ega)