Dor! 2 Spesialis Bobol Minimarket Sumsel Ditembak Usai Gasak Cokelat-Rokok

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 20:02 WIB
Dua pelaku saat diamankan Subdit Jatanras Polda Sumsel (Raja Adil Siregar/detikcom)
Foto: Dua pelaku saat diamankan Subdit Jatanras Polda Sumsel (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Polisi kembali membekuk 2 pelaku spesialis bobol minimarket lintas kabupaten di wilayah Sumatera Selatan. Kedua pelaku terpaksa ditembak karena melawan saat digrebek.

"Subdit Jatanras sudah mengamankan 2 spesialis bobol minimarket di Sumatera Selatan. Keduanya yakni, SS (32) dan IR (31)," ujar Kasubid Humas Polda Sumsel, AKBP Rizal Agus ketika ditemui di Polda, Senin (23/3/2020).

Kedua warga Seberang Ulu II Palembang ini ditangkap setelah beraksi di 5 wilayah. Bahkan sasarannya hanyalah minimarket yang berada di tepi jalan lintas Sumatera.

"Mereka melakukan ini di 5 kabupaten, ada di Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, OKI sama Muaraenim. Masing-masing ada dua kali atau 3 kali beraksi," kata Rizal.

Sementara itu Kasubdit Jatanras, Kompol Suryadi menyebut dari komplotan itu ada total 5 pelaku diamankan. Hanya saja ada 3 pelaku ditangani Polres Musi Banyuasin.

"Kita berhasil mengamankan 5 pelaku dan 3 pelakunya diamankan Polres Banyuasin. Untuk 2 pelaku diungkap di Polda dengan sistem backup," katanya.

Khusus untuk 2 pelaku SS dan IR, Suryadi menyebut ada 9 minimarket yang dibobol. Kerugian bervariasi, ada yang 38 juta dan belasan juta.

"2 pelaku ini ada 9 TKP di lintas kabupaten. Kejahatan dilakukan sama pelaku bersama komplotan dengan beraksi malam dan dini hari. Barang yang diambil ada rokok, susu kaleng, coklat dan barang-barang berharga di minimarket," jelas Suryadi.

Dua pelaku, kata Suryadi terpaksa harus ditindak tegas karena melawan. Bahkan salah satu pelaku memukul polisi dalam penggerebekan 19 Maret kemarin.

(ras/gbr)