Jalanan di Palembang Disemprot Ribuan Liter Disinfektan Antisipasi Corona

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 14:14 WIB
Pemkot Palembang semprotkan ribuan liter disinfektan menggunakan mobil damkar smoke removal unit untuk mencegah Corona (Raja Adil/detikcom)
Pemkot Palembang menyemprotkan ribuan liter disinfektan menggunakan mobil damkar smoke removal unit untuk mencegah Corona. (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Pemerintah Kota Palembang mengambil tindakan dengan menyemprot jalanan memakai cairan disinfektan. Upaya ini untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Kita ingin memastikan seluruh fasilitas di Palembang ini aman. Termasuk jalanan di titik dan banyak dilalui kendaraan ini steril," terang Wali Kota Harnojoyo saat ditemui di Jalan Sudirman, Senin (23/3/2020).

Penyemprotan sendiri dilakukan dengan 3 unit mobil Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadaman Kebakaran (DPBPK) Kota Palembang. Tercatat ada ribuan liter cairan disinfektan disemprotkan menggunakan mobil damkar smoke removal unit.

"Ini bentuk pencegahan kita, tentunya kita apresiasi upaya yang dilakukan tim Dinas PBPK. Selain itu, warga Palembang harus ikut terlibat langsung dalam pencegahan," katanya.

Pemkot Palembang menyemprotkan ribuan liter disinfektan menggunakan mobil damkar smoke removal unit untuk mencegah Corona. (Raja Adil/detikcom)

Penyemprotan ini dilakukan secara bertahap. Untuk hari ini, penyemprotan dilakukan di Jalan Sudirman, Jalan Merdeka, Jalan Kol H Burlian, dan Jalan H Gub Bastari.

Selain penyemprotan, Harnojoyo meminta seluruh aktivitas keramaian di Palembang ditiadakan. Salah satunya kegiatan rutin, seperti CFD, dan di jalur pedestrian Sudirman sebagai destinasi wisata.

"Kita berharap dengan berbagai upaya dan didukung masyarakat. Termasuk dengan menerapkan pola hidup sehat atau bersih," katanya.

Untuk diketahui, hingga siang ini tercatat belum ada warga di Sumsel positif COVID-19. Sedangkan dua PDP dikabarkan telah meninggal dunia hari ini dan belum dapat dipastikan penyebabnya.

Kedua PDP meninggal di RS Muhammad Hoesin Palembang pagi tadi. Satu pasien berasal dari Palembang dan satu lainnya rujukan dari Prabumulih yang diketahui sebagai tenaga kesehatan.

Polda Metro Pasang Tiga Bilik Disinfektan untuk Cegah Corona:

(ras/jbr)