Gencarkan Patroli Siber, Polri Tangani 41 Hoax soal Corona

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 13:24 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal
Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal (Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta -

Polisi sudah menangani 41 kasus hoax terkait penyebaran virus Corona di Indonesia. Patroli di dunia maya juga dilakukan untuk mencegah penyebaran hoax tersebut.

"Kita 24 jam melakukan patroli siber, bergerak semua, dan sudah 41 kasus hoax tentang virus Corona ini kita proses," kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/3/2020).

Polri juga meminta masyarakat tak cepat percaya pada informasi terkait Corona yang tersebar di media sosial. Polisi juga membuat kontranarasi di media sosial untuk menangkal hoax.

"Kami melakukan imbauan, kontra narasi, hingga terwujud edukasi pada masyarakat, khususnya netizen," ucapnya.

Seperti diketahui, sejumlah kabar bohong alias hoax beredar di tengah penyebaran virus Corona di Indonesia, salah satunya menyebutkan adanya penutupan sejumlah gerbang tol menuju Jakarta karena adanya 'lockdown'. Jasa Marga hingga kepolisian memastikan informasi tersebut hoax.

"Menanggapi beredarnya informasi mengenai ditutupnya sejumlah ruas jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga Group di wilayah Jabotabek, kami tegaskan informasi tersebut tidak benar/hoax," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (21/3).

(abw/azr)