Cegah Corona di Ambon, Disinfektan Disemprotkan Pakai 2 Water Cannon

Muslimin Abbas - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 12:53 WIB
Water cannon semprotkan cairan disinfektan di Ambon.
Water cannon menyemprotkan cairan disinfektan di Ambon. (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Tim gabungan TNI-Polri menyemprotkan cairan disinfektan di Kota Ambon guna mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Disinfektan disemprotkan menggunakan mobil water cannon milik Brimob Polda Maluku.

Pantauan detikcom, penyemprotan dilakukan di kawasan Urimeseng, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Selain penyemprotan, tim memberikan imbauan kepada masyarakat.

"Iya gabungan (TNI-Polri) kita laksanakan penyemprotan dan sekaligus imbauan," kata Dansat Brimob Polda Maluku Kombes Muhammad Guntur saat dihubungi detikcom, Senin (23/3/2020).

Guntur menambahkan ada 2 tim gabungan yang melakukan penyemprotan cairan desinfektan dan imbauan menggunakan 6 mobil.

"Seluruhnya ada 6 mobil dengan rincian mobil water cannon, mobil public address 2 unit mobil, mobil KBR ada 2 unit," ujarnya.

Data yang terhimpun pada Sabtu (22/3), Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2020 Maluku mengumumkan 1 pasien positif virus Corona. Sedangkan orang dalam pemantauan sebanyak 53.

Jalur Masuk-Keluar Ambon Diperketat

Jalur masuk dan keluar Kota Ambon diperketat untuk mencegah penyebaran virus Corona. Penumpang kapal motor (KM) Tidar yang baru tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon diperiksa suhu badannya.

"Terkait Coronavirus ini kita perketat pintu masuk yaitu bandara dan pelabuhan kita lakukan dengan thermo gun," kata Kasubang TU KKP Ambon Frans Nanlohy di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Senin (23/3).

Frans mengatakan ada penumpang yang ditemukan dengan suhu badan mencapai 38 derajat Celsius. Penumpang itu langsung masuk ke ruangan pemeriksaan. Setelah dievaluasi, mereka membaik dan dikembalikan ke keluarga.

"Apabila terdapat orang dengan suhu badan 38 derajat kita pilih, ada satu ruangan yang disediakan Pelindo. Selama ini ditemukan 1 di bandara sudah beberapa hari lalu. Sekarang ini ada suhu 38 derajat tapi setelah kita evaluasi itu suhu mereka sudah turun dan mereka sudah kembalikan ke keluarga, ada 4 orang," ujarnya.

Tangkal Corona, Pemkot Bandung Siapkan 30 Tempat Cuci Tangan:

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)